Matakuliah ini bertujuan agar mahasiswa mampu menjelaskan (1) hakikat evaluasi dan pembelajaran; (2) jenis evaluasi; (3) hubungan antara tes, pengukuran, penilaian dan evaluasi; (4) kriteria evaluasi dan skala pengukuran; (5) penilaian berbasis kelas; (6) prosedur penyusunan tes; (7) analisis butir soal. Metode pembelajaran menggunakan ceramah, diskusi, dan latihan

Mata kuliah Telaah Kurikulum dan Perencanaan Pembelajaran.

Mata Kuliah Praktik Motor Bakar Lanjut

Magang industri merupakan aktifitas experiental learning untuk meningkatkan kompetensi keahlian kejuruan mahasiswa Prodi PTM. Tujuan pemagangan ini adalag mahasiswa memperoleh latihan nyata berbagai kompetensi dan suasana kerja yang diperlukan di tempat kerja.

Menghasilkan program NC menggunakan perangkat lunak Mastercam


Materi matakuliah Telaah Kurikulum dan Perencanaan Pembelajaran terdiri atas Dasar filosofi KBK, Mengapa kurikulum berubah, Dasar filosofi K 13, Pendekatan pembelajaran 5 M, Aspek kognitif, Aspek keterampilan, Aspek sikap, Prinsip penyusunan RPP, Prosedur penyusunan RPP, Prinsip penyusunan job sheets, Prosedur penyusunan job sheets. UTS dilaksanakan pada pertemuan 7, sedangkan UAS dilaksanakan pada pertemuan ke 16.


Media ini digunakan untuk memberikan materi tambahan/jobsheet yang bisa dipelajari dan diunduh oleh mahasiswa setelah praktik. Selain itu sebagai media untuk diskusi, refleksi pembelajaran dan pengumpulan laporan akhir praktek

Media ini digunakan untuk memberikan materi tambahan/jobsheet yang bisa dipelajari dan diunduh oleh mahasiswa setelah praktik. Selain itu sebagai media untuk diskusi, refleksi pembelajaran dan pengumpulan laporan akhir praktek

Mata kuliah Praktik chassis otomotif bertujuan mengembangkan kemampuan mahasiswa melalui  konsep pemeriksaan, analisis dan perbaikan sistem pemindah tenaga dan pengendali kendaraan. Sistem pemindah tenaga yang dimaksud meliputi: mekanisme kopling, sistem transmisi baik manual maupun otomatis, poros propeler, dan differensial. Sedangkan yang terkait dengan sistem pengendali pada mata kuliah ini meliputi: sistem kemudi, sistem suspendi dan sistem rem.

Media di SPADA ini digunakan untuk memberikan sumber referensi yang bisa diunduh, sebagai refleksi dan diskusi pasca pembelajaran praktek juga sebagai media untuk pengumpulan laporan hasil praktek

Mata kuliah Perancangan Mesin merupakan mata kuliah kapita selekta yang memerlukan berbagai kompetensi mata kuliah lain yang secara simultan diperlukan untuk menyusun perencanaan pembuatan mesin/peralatan. Output dari mata kuliah ini adalah dokumen perencanaan mesin dari sisi desain, penjelasan komponen, gambar rancang bagun, model 3D, aspek perhitungan biaya, serta penjelasan detil proses pembuatannya.


Mata  kuliah  ini bertujuan mengembangkan kemampuan mahasiswa melalui  konsep pemeriksaan, analisis dan perbaikan sistem pemindah tenaga dan pengendali kendaraan. Sistem pemindah tenaga yang dimaksud meliputi: mekanisme kopling, sistem transmisi baik manual maupun otomatis, poros propeler, dan differensial. Sedangkan yang terkait dengan sistem pengendali pada mata kuliah ini meliputi: sistem kemudi, sistem suspendi dan sistem rem. Mata kuliah ini dilaksanakan dengan memadukan antara pembelejaran teori dan praktik.

Mata kuliah CAD 2 ini merupakan salah satu mata kuliah wajib dengan mata kuliah prasyarat CAD 1 yang harus ditempuh oleh mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Mesin pada semester V. Bobot mata kuliah ini adalah 2 SKS pembelajaran berbasis proyek, setiap tatap muka selama 2 X 50 menit. Secara garis besar materi yang dipelajari pada mata kuliah CAD meliputi 8 tahap pembelajaran yaitu :

1.     Modeling 3D menggunakan AutoCAD

2.     Sketch 2D dan 3D Solidworks

3.     Modeling 3D Solidworks

4.     Modeling sheet metal dan weldment

5.     Gambar assembly dan gambar kerja

6.     Animasi Explode View

7.     Finite Element Analysis (FEA)

8.     Proyek Menggambar Mesin