Mata kuliah ini mengkaji mengenai hakikat keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) secara konsep dan konteks, keterampilan berpikir tingkat tinggi sebagai proses transfer (transfer of knowledge), keterampilan berpikir tingkat tinggi sebagai berpikir kritis dan kreatif (critical and creative thinking), dan keterampilan berpikir tingkat tinggi sebagai penyelesaian masalah (problem solving). Aspek penting lain adalah analisis keterampilan berpikir tingkat tinggi dalam buku teks, Model-model pembelajaran IPA berbasis keterampilan berpikir tingkat tinggi, Penguatan keterampilan berpikir tingkat tinggi (analisis TPACK, concept map dan mind map, teknik bertanya), serta instrumen asesmen pembelajaran IPA berbasis keterampilan.

 


Deskripsi Perkuliahan


Mata kuliah ini mempelajari desain penelitian pendidikan IPA khususnya penelitian kuantitatif, proses penelitian, serta output dan penulisan artikel ilmiah penelitian kuantitatif.

Mata kuliah Penulisan Karya Ilmiah akan membahas mengenai : Jenis-jenis publikasi ilmiah dan berkaitan dengan metode menulis artikel internasional (Abstract, Introduction, Material and Method, Result and Discussion, Conclusion, Acknowledgement, and Reference); Rasional pentingnya publikasi ilmiah internasional; Ragam artikel internasional; Pemilihan publisher dan jurnal bereputasi; Proses publikasi artikel pada jurnal internasional; Praktik penulisan artikel ilmiah; Kode etik penulisan karya ilmiah internasional; Penelusuran Scimago Jurnal Ranking Bidang IPA (current issue); Review draf hasil penulisan karya ilmiah ; dan Proses input artikel melalui DOAJ (technical details).

Mata kuliah ini mengkaji mengenai hakikat keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) secara konsep dan konteks, keterampilan berpikir tingkat tinggi sebagai proses transfer (transfer of knowledge), keterampilan berpikir tingkat tinggi sebagai berpikir kritis dan kreatif (critical and creative thinking), dan keterampilan berpikir tingkat tinggi sebagai penyelesaian masalah (problem solving).
Aspek penting lain adalah analisis keterampilan berpikir tingkat tinggi dalam buku teks, Model-model pembelajaran IPA berbasis keterampilan berpikir tingkat tinggi, Penguatan keterampilan berpikir tingkat tinggi (analisis TPACK, concept map dan mind map, teknik bertanya), serta instrumen asesmen pembelajaran IPA berbasis keterampilan.