Hukum Pidana secara luas mengandung pengertian ketentuan yang mengatur perbuatan yang memenuhi syarat-syarat tertentu dengan akibat berupa pidana.

Mata kuliah Gerakan Sosial dan Civil Society mengenai pemahaman dasar sebuah gerakan-gerakan maupun organisasi dalam masyarakat. Materi utama dalam mata kuliah ini adalah sejarah perkembangan gerakan sosial, pembagian gerakan sosial serta gerakan-gerakan sosial yang tumbuh dan berkembang dalam masyarakat.

Mata kuliah ini memberikan gambaran kepada mahasiswa tentang: prinsip dasar, konsep, dan teori mengenai ilmu, teknologi, dan rekayasa sosial dalam perspektif sosiologis, juga yang berkaitan dengan kajian dinamika perubahan dan perkembangan sosial masyarakat, pemetaan sosial, analisis dan perencanaan sosial, pembangunan sosial, dan model-model rekayasa sosial terkait pemecahan kasus-kasus sosial tertentu.

Mata Kuliah Interpreting Practice merupakan mata kuliah keahlian di bidang penjurubahasaan yang membekali mahasiswa dengan: (a) pemahaman kuat mengenai teori dan praktik penjurubahasaan, terutama dalam masyarakat multilingual tempat bahasa Indonesia dan bahasa Inggris digunakan; (b) keterampilan serta kompetensi memadai yang diperlukan oleh seorang juru bahasa (interpreter) sehingga mahasiswa Program Studi Sastra Inggris siap bekerja sebagai juru bahasa dalam berbagai setting atau konteks internasional masa kini, yang juga disebut sebagai public interpreting. Mata kuliah ini tergolong subjek yang sangat penting karena terkait dengan: (1) pemerolehan kompetensi yang diperlukan oleh juru bahasa (interpreter) untuk menjembatani jurang (gap) komunikasi antara bahasa Inggris dan bahasa Indonesia yang diimplementasikan dalam berbagai situasi formal; (2) praktik penjurubahasaan dalam berbagai konteks dan kasus dalam kehidupan sehari-hari dengan mode penjurubahasaan konsekutif, simultan, dan berbisik (whispering).

Subjek utama kajian mata kuliah Perbandingan Sistem Politik, berkaitan dengan sistem politik suatu negara dan komparasinya dengan sistem negara lainnya. Artinya; Perbandingan sistem politik adalah juga studi yang mempelajari teori teori sistem politik dan sistem kenegaraan. Dalam sistem politik dikenal supra struktur politik dan infrastruktur politik.  Mata kuliah ini bertujuan metode untuk memperbandingkan sistem politik baik perbandingan (geographical) negara maupun komparasi berdasarkan masa pemerintahan (time frame). Sedangkan scope bahasan yang diperhatikan berkaitan dengan tiga hal (Mochtar Masoed, UGM Press, 1985) 1. Konsep sistem politik, 2. Ciri dan struktur sistem politik dan bagaimana ia bekerja dalam sebuah proses politik, 3. Perbandingan sistem politik tertentu dengan sistem yang lain (comparative political system). Kuliah akan diperkaya dengan kajian empiris: Sistem Politik di beberapa studi Kasus

Jalesveva Jayamahe

pelatihan moodle spada

Dalam upaya meningkatkan kualitas dosen di perguruan tinggi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia telah merancang suatu program pelatihan yang berfokus pada pengembangan kemampuan instruksional agar menjadi dosen yang profesional melalui program Pelatihan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI). Berdasarkan hal tersebut di atas, keikutsertaan dosen dalam PEKERTI sangat diperlukan. Pelatihan Program PEKERTI dilaksanakan selama 5/6 hari kerja efektif.


Program AA merupakan bentuk pelatihan yang dirancang sebagai kelanjutan program PEKERTI bagi dosen senior untuk penyegaran kembali materi-materi tentang keterampilan instruksional. Program pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi profesional dosen dalam memangku jabatan fungsional, terutama dalam peningkatan keterampilan pedagogis. Oleh karenanya, capaian pembelajaran lulusan program AA yang ditetapkan adalah peserta kegiatan dapat memproyeksikan keterampilan instruksional dalam kegiatan pembelajaran mulai dari perencanaan, pengelolaan, proses dan evaluasi kegiatan pembelajaran.