Peserta mata kuliah Dinamika Media Pembelajaran diharapkan mampu menjelaskan dinamika media pembelajaran secara umum dan secara khusus sesuai dengan bidang peserta mata kuliah.

- Course creator: Daru Wahyuningsih
- Course creator: Endang Widiyastuti
Setelah menyelesaikan seluruh tahapan dalam mata kuliah ini, Mahasiswa diharapkan: 1) dapat menjelaskan konsep manajemen proyek yang merupakan manajemen gabungan antara konsep manajemen klasik, manajemen berorienatsi sistem dan manajemen situasional, 2) dapat menjelaskan konsep sebuah studi kelayakan proyek, 3) Melakukan tata laksana pengadaan barang dan jasa, dan 4) dapat membuat penjadwalan proyek beserta dengan rencana anggaran biayanya

- Course creator: Eko Supri Murtiono
- Teacher: sakroni 4a2c28554a7f65be187f8cca3b6c4cf9
- Teacher: User 564fe564976e51b921b6552dda141ea7
- Teacher: sakroni 6a3adac8e80f5752bf00c43d6c6eb7a4
- Teacher: User b62b5f6530fcb8b6e973b68cde5401d7
- Teacher: johan ICE-I
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah adalah mahasiswa mampu menganalisis pengembangan e-learning (electronic learning).

- Course creator: Daru Wahyuningsih
Halo teman-teman, selamat bergabung di mata kuliah Orientasi dan mobilitas.
Mata kuliah ini berisi terkait teori dan praktek Orientasi danMobilitas, mempelajari dan mempraktekkan berabagai macam teknik orientasi dan mobilitas serta bagaiman merancang pembelajaran O&M bagi peserta didik tunanetra.
Bobot Mata kuliah ini adalah 2 SKS dan diharapkan setelah belajar mata kuliah ini mahasiswa dapat praktik secara langsung dan mendapatkan pengalaman secara langsung untuk praktik Orientasi dan Mobilitas.
Orientasi dan Mobilitas Anak Tunanetra akan dilakukan banyak praktikum untuk mendukung keterampilan mahasiswa sekalian. direncanakan mata kuliah ini akan berlangsung sebanyak 16 kali pertemuan.
mata kuliah ini akan diampu oleh
Ibu Sugini, M.Pd. dan Bapak Donni Prakosha, M.Pd.

- Course creator: Donni Prakosha
- Teacher: sakroni 030e3001395b25f73e465e0aa7ea51d8
- Teacher: sakroni 78940c70753a7c0bead8d0f539c9e143
- Teacher: User 7c8873f9b5e826b7729e3b40d2c17a78
- Teacher: Reni Adriana
- Teacher: User e350f161136c921514ef31362a21d3be
- Teacher: johan ICE-I
- Teacher: Musowwir Lubis
- Teacher: john michael dharma
- Teacher: jo san
- Teacher: caesario satriatama
- Teacher: User student
Aspek-aspek fisis dan matematis yang berhubungan
dengan konsep-konsep : Pengantar mengenai teori lingkungan termasuk sistem
ekologi dan dampak pencemaran terhadap keseimbangan alam. Dampak radiasi
atom-inti terhadap alam, dampak kebocoran reaktor nuklir terhadap lingkungan
dan radiasi gelombang EM terhadap manusia dan makhluk hidup lainnya. Dampak pemanasan global (global warming) terhadap alam serta terjadinya efek rumah
kaca. Penipisan lapisan ozone, siklus
hidrologi. Sumber-sumber energi alternatif : energi air, biomassa, energi
angin, energi surya dan geothermal. Geofisika : geofisika lingkungan. Akustika
: sifat- sifat bunyi dan dampak
kebisingan. Cahaya dan sinar : sifat-sifat cahaya.

- Course creator: budi legowo
- Course creator: Ari Ramelan
- Course creator: Daru Wahyuningsih
- Teacher: User 757b0c0dc069da8fef846bd9ca4becca
- Teacher: sakroni 868047a53b4d98384567a343dbaebb32
- Teacher: sakroni df5bc2651b1398aa3297470f8b6fee7d
- Teacher: Budi Legowo
- Teacher: Musowwir Lubis
- Teacher: jo san
- Teacher: Susi Trihartini
Mata kuliah ini membawa mahasiswa untuk memahami tentang pengelolaan potensi wisata yang dikelola sehingga menjadi destinasi wisata wisata yang berbasis masyarakat. Aspek pengelolaan pariwisata yang berbasis masyarakat dengan portofolio produk pariwisata Indonesia yakni 5% Buatan, 30% Alam, 65% Budaya dengan tetap berprinsip pada pengelolaan pariwisata yang berkelanjutan dan tetap mempertimbangan kelestarian alam, budaya untuk kesejahteraan masyarat.

- Course creator: budi legowo
- Course creator: Nanang Wijayanto
- Teacher: User 51825a26a3fb1e8d3f0475dfedeb0e78
- Teacher: User aac29daa16ce7c9754b0c660d107a4e9
- Teacher: User e591774e7c8892d66635990c66295e2f
- Teacher: sakroni eab98bdb63705647898931eedce0c9fc
- Teacher: sakroni f5ce269c6ae8e63db8d5644aff32d55f
- Teacher: jo san
- Teacher: johan x
Mata kuliah ini memperkenalkan kepada mahasiswa
berkaitan dengan metodologi evaluasi dan penilaian dalam proses pembelajaran
bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Isu tentang penilaian dan evaluasi serta
bagaimana melaporkan hasil penilaian dan evaluasi mejadi isu yang menarik
karena hasil dari keduanya dapat digunakan untuk meningkatkan hasil
pembelajaran (assessment for learning)
dan juga untuk mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran (assessment of learning). Pada tahap
awal, mata kuliah ini berusaha membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan
keterampilan dasar berkaitan dengan sistem pengujian (test), pengukuran (measurement),
penilaian (assessment), dan evaluasi
program pembelajaran secara berkesinambungan serta teknik pengembangannya.
Pembahasan tersebut mencakup pula hal-hal yang berkaitan dengan karakteristik
tes yang baik, bagaimana mendesain tes yang baik, dan teknik penskoran.
Selanjutnya, mahasiswa secara khusus akan dibekali dengan pengetahuan dan
keterampilan berkaitan dengan sistem pengujian dan penilaian dalam pembelajaran
bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Pengetahuan dan keterampilan ini mencakup
hakikat dan variasi penilaian dalam pembelajaran Inggris (language assessment), integrasi penilaian berbasis HOTS dalam
pembelajaran Inggris, dan penilaian terhadap empat keterampilan berbahasa
Inggris (listening, speaking, reading,
writing). Perkuliahan didesain mengikuti metode studi kasus, yaitu
mahasiswa berusaha memecahkan berbagai kasus faktual pembelajaran bahasa
Inggris melalui diskusi kelompok, sedangkan dosen lebih berperan sebagai
fasilitator yang bertugas mengobservasi, memberi pertanyaan, dan mengarahkan
diskusi. Tagihan untuk mengukur capaian belajar mahasiswa adalah tes, penugasan,
penulisan artikel ilmiah dan partisipasi aktif mahasiswa dalam berbagai
aktivitas perkuliahan.
- Course creator: Sumardi Sumardi
Mata Kuliah, Writing for Scholarly Publication, menuntut mahasiswa pascasarjana untuk mengasah beragam keterampilan, seperti navigasi pangkalan jurnal ilmiah bereputasi, membaca dan menulis akademik, metodologi riset, literasi akademik, serta manajemen riset lapangan dan tekstual. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa pascasarjana juga diasah keterampilan dasar menulis, seperti parafrase, meringkas kritis, sintesis, sitasi, dan dokumetasi. Keterampilan dasar ini terintegrasi dalam kegiatan menulis manuskrip, seperti bagian pendahuluan, kajian/tinjauan pustaka, dan metodologi riset. Untuk mempermudah proses akuisisi pengetahuan dan keterampilan tersebut, mahasiswa pascasarjana dilatih menganalisis manuskrip mentor untuk mengkaji aspek kebaharuan, orisinalitas, gap riset, dan kontribusi riset. Selain itu, mahasiswa pascasarjana belajar melakukan navigasi dan evaluasi riset-riset sebelumnya untuk memetakan landasan teori, konseptual dan empiris. Mata kuliah ini juga memandu mahasiswa pascasarjana mengetahui isu-isu metodologi yang diperlukan dalam penulisan bagian metodologi riset. Mahasiswa pascasarjana dilatih melaporkan hasil/temuan riset serta mendiskusikan hasil/temuan riset tersebut. Mereka juga mempelajari penulisan kesimpulan dengan beragam “textual moves,” seperti sintesis temuan/hasil, kontribusi, implikasi, kelemahan riset, dan rekomendasi riset selanjutnya. Mata kuliah ini juga membekali mahasiswa pascasarjana mengevaluasi dan memilih jurnal sasaran untuk manuskrip yang mereka selesaikan. Jadi, mata kuliah ini menyiapkan mahasiswa pascasarjana untuk menerbitkan manuskrip mereka pada jurnal terindeks “Scopus/SSCI” tidak berbayar (no publication fee/charge) |

- Course creator: Nurarifah Drajati NAD
- Teacher: User student
- Teacher: johan TEMP_SURNAME
Peserta mata kuliah Pengelolaan Kelas Digital diharapkan mampu mengelola kelas digital yang dibangun. Pengelolaan pembelajaran meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Keempat kegiatan tersebut dilakukan oleh pengampu mata pelajaran atau mata kuliah sebagai upaya tercapainya tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan dalam rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) atau rencana pembelajaran semester (RPS).

- Course creator: Daru Wahyuningsih
- Teacher: Afriani 5510de481819ad6fb3672496db2b2f27
- Teacher: User 5f08a7b4ccc3c9514a272d94c17951e5
- Teacher: User 6f155c5a2b33155da7b355812f7b4d7b
- Teacher: User 955dd8e60883c84e8b381a87b2e32f0f
- Teacher: User d71e1d8d5c07bccd16f092f080a18853
- Teacher: johan ICE-I
- Teacher: Musowwir Lubis
- Teacher: john michael dharma
- Teacher: paulina pannen
- Teacher: Fauzy Rahman Kosasih
- Teacher: User student
Merupakan matakuliah pilihan dari Kelompok Minat Geofisika yang akan membahas materi tentang peranan geofisika di dalam perkembangan iptek, kinematika di dalam bumi, pengaruh gravitasi bumi terhadap fenomena alam, prinsip kemagnetan untuk menjelaskan fenomena magnet bumi, konsep gelombang untuk menganalisis gerak gelombang di dalam bumi, konsep Eksplorasi Sumber Daya Alam
Mata kuliah prasyarat: Fisika Dasar 1, Fisika Dasar 2
Buku acuan:
- 1. Williams Lowrie, 2007, Fundamentals of Geophysics, Cambridge Press..
- Arthur Beiser, 1984, Bumi, Pustaka Alam Life, Jakarta.
- Djoko Santoso, 2002, Pengantar Teknik Geofisika, Penerbit ITB.
- Compact Disk. Earth Quest, PC in Space, Planetarium Gold.
Self enrolment key: dedege2021

- Course creator: budi legowo