ICE

Halo teman-teman, selamat bergabung di mata kuliah Orientasi dan mobilitas.
Mata kuliah ini berisi terkait teori dan praktek Orientasi danMobilitas, mempelajari dan mempraktekkan berabagai macam teknik orientasi dan mobilitas serta bagaiman merancang pembelajaran O&M bagi peserta didik tunanetra.

Bobot Mata kuliah ini adalah 2 SKS dan diharapkan setelah belajar mata kuliah ini mahasiswa dapat praktik secara langsung dan mendapatkan pengalaman secara langsung untuk praktik Orientasi dan Mobilitas.

Orientasi dan Mobilitas Anak Tunanetra akan dilakukan banyak praktikum untuk mendukung keterampilan mahasiswa sekalian. direncanakan mata kuliah ini akan berlangsung sebanyak 16 kali pertemuan.

mata kuliah ini akan diampu oleh

Ibu Sugini, M.Pd. dan Bapak Donni Prakosha, M.Pd.


Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa memiliki kompetensi dalam kajian teori-teori pembelajaran

kumpulam course ke openedx

Mata kuliah ini memperkenalkan kepada mahasiswa berkaitan dengan metodologi evaluasi dan penilaian dalam proses pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Isu tentang penilaian dan evaluasi serta bagaimana melaporkan hasil penilaian dan evaluasi mejadi isu yang menarik karena hasil dari keduanya dapat digunakan untuk meningkatkan hasil pembelajaran (assessment for learning) dan juga untuk mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran (assessment of learning). Pada tahap awal, mata kuliah ini berusaha membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan dasar berkaitan dengan sistem pengujian (test), pengukuran (measurement), penilaian (assessment), dan evaluasi program pembelajaran secara berkesinambungan serta teknik pengembangannya. Pembahasan tersebut mencakup pula hal-hal yang berkaitan dengan karakteristik tes yang baik, bagaimana mendesain tes yang baik, dan teknik penskoran. Selanjutnya, mahasiswa secara khusus akan dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan berkaitan dengan sistem pengujian dan penilaian dalam pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Pengetahuan dan keterampilan ini mencakup hakikat dan variasi penilaian dalam pembelajaran Inggris (language assessment), integrasi penilaian berbasis HOTS dalam pembelajaran Inggris, dan penilaian terhadap empat keterampilan berbahasa Inggris (listening, speaking, reading, writing). Perkuliahan didesain mengikuti metode studi kasus, yaitu mahasiswa berusaha memecahkan berbagai kasus faktual pembelajaran bahasa Inggris melalui diskusi kelompok, sedangkan dosen lebih berperan sebagai fasilitator yang bertugas mengobservasi, memberi pertanyaan, dan mengarahkan diskusi. Tagihan untuk mengukur capaian belajar mahasiswa adalah tes, penugasan, penulisan artikel ilmiah dan partisipasi aktif mahasiswa dalam berbagai aktivitas perkuliahan.

Mata kuliah Budaya Jawa memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa mengenai bentuk-bentuk kebudayaan Jawa berdasar pada unsur-unsur kebudayaan yaitu, 1. Bahasa, 2. Sistem Pengetahuan, 3. Organisasi Sosial, 4. Sistem peralatan hidup dan teknologo, 5. sistem mata pencaharian, 6. sistem religi, 7. kesenian.

Mata Kuliah, Writing for Scholarly Publication, menuntut mahasiswa pascasarjana untuk mengasah beragam keterampilan, seperti navigasi pangkalan jurnal ilmiah bereputasi, membaca dan menulis akademik, metodologi riset, literasi akademik, serta manajemen riset lapangan dan tekstual. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa pascasarjana juga diasah keterampilan dasar menulis, seperti parafrase, meringkas kritis, sintesis, sitasi, dan dokumetasi. Keterampilan dasar ini terintegrasi dalam kegiatan menulis manuskrip, seperti bagian pendahuluan, kajian/tinjauan pustaka, dan metodologi riset. Untuk mempermudah proses akuisisi pengetahuan dan keterampilan tersebut, mahasiswa pascasarjana dilatih menganalisis manuskrip mentor untuk mengkaji aspek kebaharuan, orisinalitas, gap riset, dan kontribusi riset. Selain itu, mahasiswa pascasarjana belajar melakukan navigasi dan evaluasi riset-riset sebelumnya untuk memetakan landasan teori, konseptual dan empiris. Mata kuliah ini juga memandu mahasiswa pascasarjana mengetahui isu-isu metodologi yang diperlukan dalam penulisan bagian metodologi riset. Mahasiswa pascasarjana dilatih melaporkan hasil/temuan riset serta mendiskusikan hasil/temuan riset tersebut. Mereka juga mempelajari penulisan kesimpulan dengan beragam textual moves, seperti sintesis temuan/hasil, kontribusi, implikasi, kelemahan riset, dan rekomendasi riset selanjutnya. Mata kuliah ini juga membekali mahasiswa pascasarjana mengevaluasi dan memilih jurnal sasaran untuk manuskrip yang mereka selesaikan. Jadi, mata kuliah ini menyiapkan mahasiswa pascasarjana untuk menerbitkan manuskrip mereka pada jurnal terindeks “Scopus/SSCI” tidak berbayar (no publication fee/charge)


Mata kuliah Pengelolaan Kelas Digital (PKD) merupakan mata kuliah pilihan yang akan diikuti oleh mahasiswa S2 Pendidikan Fisika FKIP UNS. Mahasiswa mata kuliah PKD diharapkan mampu mengelola kelas digital yang dibangun.