Peserta mata kuliah Dinamika Media Pembelajaran diharapkan mampu menjelaskan dinamika media pembelajaran secara umum dan secara khusus sesuai dengan bidang peserta mata kuliah. 

Setelah menyelesaikan seluruh tahapan dalam mata kuliah ini, Mahasiswa diharapkan: 1) dapat menjelaskan konsep manajemen proyek yang merupakan manajemen gabungan antara konsep manajemen klasik, manajemen berorienatsi sistem dan manajemen situasional, 2) dapat menjelaskan konsep sebuah studi kelayakan proyek, 3) Melakukan tata laksana  pengadaan barang dan jasa, dan 4) dapat membuat penjadwalan proyek beserta dengan rencana anggaran biayanya

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah adalah mahasiswa mampu menganalisis pengembangan e-learning (electronic learning).


Halo teman-teman, selamat bergabung di mata kuliah Orientasi dan mobilitas.
Mata kuliah ini berisi terkait teori dan praktek Orientasi danMobilitas, mempelajari dan mempraktekkan berabagai macam teknik orientasi dan mobilitas serta bagaiman merancang pembelajaran O&M bagi peserta didik tunanetra.

Bobot Mata kuliah ini adalah 2 SKS dan diharapkan setelah belajar mata kuliah ini mahasiswa dapat praktik secara langsung dan mendapatkan pengalaman secara langsung untuk praktik Orientasi dan Mobilitas.

Orientasi dan Mobilitas Anak Tunanetra akan dilakukan banyak praktikum untuk mendukung keterampilan mahasiswa sekalian. direncanakan mata kuliah ini akan berlangsung sebanyak 16 kali pertemuan.

mata kuliah ini akan diampu oleh

Ibu Sugini, M.Pd. dan Bapak Donni Prakosha, M.Pd.


Aspek-aspek fisis dan matematis yang berhubungan dengan konsep-konsep : Pengantar mengenai teori lingkungan termasuk sistem ekologi dan dampak pencemaran terhadap keseimbangan alam. Dampak radiasi atom-inti terhadap alam, dampak kebocoran reaktor nuklir terhadap lingkungan dan radiasi gelombang EM terhadap manusia dan makhluk hidup lainnya.  Dampak pemanasan global (global warming) terhadap alam serta terjadinya efek rumah kaca.  Penipisan lapisan ozone, siklus hidrologi. Sumber-sumber energi alternatif : energi air, biomassa, energi angin, energi surya dan geothermal. Geofisika : geofisika lingkungan. Akustika : sifat- sifat  bunyi dan dampak kebisingan. Cahaya dan sinar : sifat-sifat cahaya.

 Mata  kuliah ini membawa mahasiswa untuk memahami tentang pengelolaan potensi wisata yang dikelola sehingga menjadi destinasi wisata wisata yang berbasis masyarakat. Aspek pengelolaan pariwisata yang berbasis masyarakat dengan portofolio produk pariwisata Indonesia yakni 5% Buatan, 30% Alam, 65% Budaya dengan tetap berprinsip pada pengelolaan pariwisata yang berkelanjutan dan tetap mempertimbangan kelestarian alam, budaya untuk kesejahteraan masyarat.

Mata kuliah ini memperkenalkan kepada mahasiswa berkaitan dengan metodologi evaluasi dan penilaian dalam proses pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Isu tentang penilaian dan evaluasi serta bagaimana melaporkan hasil penilaian dan evaluasi mejadi isu yang menarik karena hasil dari keduanya dapat digunakan untuk meningkatkan hasil pembelajaran (assessment for learning) dan juga untuk mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran (assessment of learning). Pada tahap awal, mata kuliah ini berusaha membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan dasar berkaitan dengan sistem pengujian (test), pengukuran (measurement), penilaian (assessment), dan evaluasi program pembelajaran secara berkesinambungan serta teknik pengembangannya. Pembahasan tersebut mencakup pula hal-hal yang berkaitan dengan karakteristik tes yang baik, bagaimana mendesain tes yang baik, dan teknik penskoran. Selanjutnya, mahasiswa secara khusus akan dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan berkaitan dengan sistem pengujian dan penilaian dalam pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Pengetahuan dan keterampilan ini mencakup hakikat dan variasi penilaian dalam pembelajaran Inggris (language assessment), integrasi penilaian berbasis HOTS dalam pembelajaran Inggris, dan penilaian terhadap empat keterampilan berbahasa Inggris (listening, speaking, reading, writing). Perkuliahan didesain mengikuti metode studi kasus, yaitu mahasiswa berusaha memecahkan berbagai kasus faktual pembelajaran bahasa Inggris melalui diskusi kelompok, sedangkan dosen lebih berperan sebagai fasilitator yang bertugas mengobservasi, memberi pertanyaan, dan mengarahkan diskusi. Tagihan untuk mengukur capaian belajar mahasiswa adalah tes, penugasan, penulisan artikel ilmiah dan partisipasi aktif mahasiswa dalam berbagai aktivitas perkuliahan.

Mata Kuliah, Writing for Scholarly Publication, menuntut mahasiswa pascasarjana untuk mengasah beragam keterampilan, seperti navigasi pangkalan jurnal ilmiah bereputasi, membaca dan menulis akademik, metodologi riset, literasi akademik, serta manajemen riset lapangan dan tekstual. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa pascasarjana juga diasah keterampilan dasar menulis, seperti parafrase, meringkas kritis, sintesis, sitasi, dan dokumetasi. Keterampilan dasar ini terintegrasi dalam kegiatan menulis manuskrip, seperti bagian pendahuluan, kajian/tinjauan pustaka, dan metodologi riset. Untuk mempermudah proses akuisisi pengetahuan dan keterampilan tersebut, mahasiswa pascasarjana dilatih menganalisis manuskrip mentor untuk mengkaji aspek kebaharuan, orisinalitas, gap riset, dan kontribusi riset. Selain itu, mahasiswa pascasarjana belajar melakukan navigasi dan evaluasi riset-riset sebelumnya untuk memetakan landasan teori, konseptual dan empiris. Mata kuliah ini juga memandu mahasiswa pascasarjana mengetahui isu-isu metodologi yang diperlukan dalam penulisan bagian metodologi riset. Mahasiswa pascasarjana dilatih melaporkan hasil/temuan riset serta mendiskusikan hasil/temuan riset tersebut. Mereka juga mempelajari penulisan kesimpulan dengan beragam textual moves, seperti sintesis temuan/hasil, kontribusi, implikasi, kelemahan riset, dan rekomendasi riset selanjutnya. Mata kuliah ini juga membekali mahasiswa pascasarjana mengevaluasi dan memilih jurnal sasaran untuk manuskrip yang mereka selesaikan. Jadi, mata kuliah ini menyiapkan mahasiswa pascasarjana untuk menerbitkan manuskrip mereka pada jurnal terindeks “Scopus/SSCI” tidak berbayar (no publication fee/charge)


Peserta mata kuliah Pengelolaan Kelas Digital diharapkan mampu mengelola kelas digital yang dibangun. Pengelolaan pembelajaran meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Keempat kegiatan tersebut dilakukan oleh pengampu mata pelajaran atau mata kuliah sebagai upaya tercapainya tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan dalam rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) atau rencana pembelajaran semester (RPS).


Merupakan matakuliah pilihan dari Kelompok Minat Geofisika yang akan membahas   materi tentang peranan geofisika di dalam perkembangan iptek, kinematika di dalam bumi, pengaruh gravitasi bumi terhadap fenomena alam, prinsip kemagnetan untuk menjelaskan fenomena magnet bumi, konsep gelombang untuk menganalisis gerak gelombang di dalam bumi, konsep Eksplorasi Sumber Daya Alam

Mata kuliah prasyarat: Fisika Dasar 1, Fisika Dasar 2

Buku acuan:

  1. 1. Williams Lowrie, 2007, Fundamentals of Geophysics, Cambridge Press..
  2. Arthur Beiser,  1984, Bumi, Pustaka Alam Life, Jakarta.
  3. Djoko Santoso, 2002, Pengantar Teknik Geofisika, Penerbit ITB.
  4. Compact Disk. Earth Quest, PC in Space, Planetarium Gold.

Self enrolment key: dedege2021