Tempat untuk memindah course yang tidak dipakai

Mata kuliah ini menjelaskan tentang pengertian dan permasalahan produksi, perencanaan persediaan, kapasitas, tenaga kerja, lay out dan fasilitas, perencanaan biaya produksi, pengembangan produk dan penjadwalan produksi

Mata kuliah ini memperkenalkan kepada mahasiswa berkaitan dengan metodologi evaluasi dan penilaian dalam proses pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Isu tentang penilaian dan evaluasi serta bagaimana melaporkan hasil penilaian dan evaluasi mejadi isu yang menarik karena hasil dari keduanya dapat digunakan untuk meningkatkan hasil pembelajaran (assessment for learning) dan juga untuk mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran (assessment of learning). Pada tahap awal, mata kuliah ini berusaha membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan dasar berkaitan dengan sistem pengujian (test), pengukuran (measurement), penilaian (assessment), dan evaluasi program pembelajaran secara berkesinambungan serta teknik pengembangannya. Pembahasan tersebut mencakup pula hal-hal yang berkaitan dengan karakteristik tes yang baik, bagaimana mendesain tes yang baik, dan teknik penskoran. Selanjutnya, mahasiswa secara khusus akan dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan berkaitan dengan sistem pengujian dan penilaian dalam pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Pengetahuan dan keterampilan ini mencakup hakikat dan variasi penilaian dalam pembelajaran Inggris (language assessment), integrasi penilaian berbasis HOTS dalam pembelajaran Inggris, dan penilaian terhadap empat keterampilan berbahasa Inggris (listening, speaking, reading, writing). Perkuliahan didesain mengikuti metode studi kasus, yaitu mahasiswa berusaha memecahkan berbagai kasus faktual pembelajaran bahasa Inggris melalui diskusi kelompok, sedangkan dosen lebih berperan sebagai fasilitator yang bertugas mengobservasi, memberi pertanyaan, dan mengarahkan diskusi. Tagihan untuk mengukur capaian belajar mahasiswa adalah tes, penugasan, penulisan artikel ilmiah dan partisipasi aktif mahasiswa dalam berbagai aktivitas perkuliahan.


Mata Kuliah, Cross-Culture Understanding, menuntut mahasiswa untuk mengasah beragam keterampilan, seperti menganalisa berbagai budaya baik dari Indonesia maupun dari berbagai bangsa di dalam konteks pembelajaran bahasa Inggris. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa semester 6 juga diasah keterampilan dasar navigasi dan evaluasi riset-riset sebelumnya untuk memetakan landasan teori, konseptual dan empiris terkait topik Intercultural Communicative Competence di pembelajaran Bahasa Inggris.


KDM mengkaji tentang
1Keterampilan dasar yang wajb dikuasai oleh guru
2. Aplikasi KDM dalam rencana pembelajaran
3. Keterkaitan KDM dengan teknolgy
4. Keterkaitan KDM dengan pedagogy
5. Keterkaitan KDM dengan konten atau materi
6. Keterkaitan KDM dengan proses dan produk belajar


Mata kuliah KDM mengakaji tentang
1. Keterampilan dasar yang harus dikuasai guru
2. Aplikasi keterampilan dasar mengajar dalam suatu rencana pembelajaran
3. Keterkaitan antara KDM dengan Teknologi yang digunkan yang digunakan dalam mengajar
4. Keterkaitan KDM dengan pedagogy yang digunakan dalam mengajar
5. Keterkaitan KDM dengan conten atau materi yang dipelajari.
6. Keterkatan KDM dengan Indikator dan tujuan pembelajaran
7. Keterkatan KDM dengan proses dan produk belajara siswa