mengkaji pengembangan media pembelajaran  dan aksesibilitas  peserta didik berkebutuhan khusus

Matakuliah Pengembangan Media Pembelajaran dan Aksesibilitas Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) merupakan matakuliah yang mempelajari tentang: Konsep Aksesibilitas, Prinsip-prinsip Aksesibilitas sesuai hambatan ABK terkait  hambatannya,  kebijakan  mengenai  aksesibilitas  gedung dan  lingkungan  bagi  anak  berkebutuhan  khusus, konsep  media  pembelajaran  bagi  ABK,  pengembangan  dan  penerapan  media  dalam  pembelajaran  bagi  ABK

Mata kuliah yang mengkaji tentang konsep dasar tentang pendidikan khusus, sejarah perkembangan layanan PLB dan arah kecenderungannya di dunia dan di Indonesia, pemerintah Indonesia dalam pengembangan pendidikan khusus dan layanan khusus, Mengidentifikasi bidang-bidang kajian ortopaedagogik, Memahami ortopaedagogik sebagai disiplin ilmu dan sebagai jabatan profesional.

Matakuliah ini akan menjelaskan ontologi, epistemologi, aksiologi, logika, paradigm, perspektif, pendekatan, teori, asumsi, dan metode menemukan kebenaran tentang keberadaan, pengetahuan, dan nilai. Selanjutnya, matakuliah ini akan menjelaskan hakekat tujuan, strategi, inputs, proses, materi, outputs, dan dampak pendidikan.  


Mata kuliah ini mempelajari konsep dan teori anak dengan hambatan intelektual

Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa mempunyai wawasan tentang perkembangan dan isu pendidikan luar biasa terkini, baik secara konseptual maupun secara empiris di berbagai negara.. Perkuliahan akan menerapkan pembelajaran aktif. Beberapa  sumber literatur disediakan, tetapi mahasiswa harus memperkayanya dari sumber-sumber lain, terutama materi tentang PKPLK di berbagai negara.. Mahasiswa dibagi dalam kelompok-kelompok kecil, masing-masing bertanggungjawab sebagai narasumber topic tertentu.


Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa mempunyai wawasan tentang perkembangan dan isu pendidikan luar biasa terkini, baik secara konseptual maupun secara empiris di berbagai negara.. Perkuliahan akan menerapkan pembelajaran aktif. Beberapa  sumber literatur disediakan, tetapi mahasiswa harus memperkayanya dari sumber-sumber lain, terutama materi tentang PKPLK di berbagai negara.. Mahasiswa dibagi dalam kelompok-kelompok kecil, masing-masing bertanggungjawab sebagai narasumber topic tertentu.