Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa Prodi S2 Teknologi Pendidikan FKIP UNS. Mata kuliah ini berbobot 2 sks yang menyajikan bahasan konsep belajar mandiri, belajar mandiri sebagai sistem dan implementasinya dalam pembelajaraan untuk pengembangan sikap dan keterampilan belajar mandiri peserta didik  berbasis mobile. 


Matakuliah ini wajib ditempuh oleh mahasiswa S2 Teknologi Pendidikan, dengan bobot 2 SKS. Mata Kuliah ini membekali pengetahuan, ketrampilan dan sikap tentang manajemen sistem pelatihan, yang mencakup: Konsep dasar pengembangan sumber daya manusia (SDM) melalui pendidikan dan pelatihan (diklat), rancangan dan pengembangan program diklat, mekanisme prosedur dan manajemen pelaksanaan diklat, dan Evaluasi dan tindak lanjut program diklat.

Mahasiswa menguasai teori,  metode,  dan prosedur penelitian untuk keperluan penulisan dan penyusunan riset dan pengembangan di bidang teknologi pendidikan  yang   bermanfaat   bagi masyarakat  dan keilmuan,  serta mampu  mendapat  pengakuan nasional dan internasional. 


Mahasiswa menguasai teori,  metode,  dan prosedur penelitian untuk keperluan penulisan dan penyusunan riset dan pengembangan di bidang teknologi pendidikan  yang   bermanfaat   bagi masyarakat  dan keilmuan,  serta mampu  mendapat  pengakuan nasional dan internasional.


Mata kuliah pembelajaran terpadu mengkaji tentang aliran pembelajaran kognitivistik, behavioristik, sosialhumanistik, dan konstruktivistik tentang pembelajaran terpadu; landasan filosofis, psikologis, sosiologis, dan pedagogis pembelajaran terpadu; teori tentang kurikulum terpadu;  konsep dan perancangan pembelajaran terpadu. 

Mahasiswa diajarkan tentang konsep media pembelajaran, pengembangan sumber belajar dan media pembelajaran berbasis IT. konsep e-learning dan online learning, teori dan strategi pembelajaran untuk menerapkan e-learning untuk pembelajaran, dan pemanfaatan elearning berbasis web melalui LMS Moodle untuk pembelajaran. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan dan metode yang banyak melibatkan mahasiswa, seperti cooperative learning, problem base learning, workshop di laboratorium komputer grafis dan membuat kelas elarning.



Mata kuliah ini membahas tentang Teknologi Pendidikan, Apa yang dimaksud dengan Teknologi Pendidikan ,Pemanfaatan Teknologi Pendidikan berbasis IT dalam pembelajaran, Beberapa Aspek dalam Teknologi Pendidikan Aspek Proses: meningkatkan efektifitas belajar, meningkatkan efesiensi pembelajaran, memperluas kesempatan belajar, serta menserasikan dengan kondisi dan kebutuhan; Aspek Sumber: sumber daya manusia, ajaran, sarana prasarana serta lingkungan ,Aspek Sistem: komprehensif dan sistematik. model pembelajaran yang membahas Pendekatan, Strategi,Metode, Teknik dan Implementasi pembelajaran berbasis IT, Prinsip multimedia dalam pembelajaran, Perancangan dan evaluasi program pembelajaran berbasis multimedia, Karakteristik dan metodologi software pembelajaran serta Model-model pembelajaran berbasis multimedia.