Matakuliah ini merupakan mata kuliah di program magister Prodi Teknologi Pendidikan. Melalui perkuliahan ini diharapkan mampu membuka wawasan mahasiswa tentang teknologi pendidikan. Wawasan tersebut terkait dengan konsep, serta aplikasi konsep, dalam bentuk kegiatan pendidikan yang menerapkan konsep teknologi pendidikan. Sebagai mahasiswa baru peserta matakuliah ini masih belum banyak kenal dengan seluk beluk teknologi pendidikan, untuk itu dengan matakuliah ini diharapkan memiliki wawasan tentang teknologi pendidikan baik secara konseptual maupun operasional serta organisasi profesi Teknologi Pendidikan.



Mata kuliah pendekatan sistem ini membahas tentang konsep dasar pendekatan sistem: pengertian, tujuan, jenis, prosedur, dan prinsip pendekatan sistem, pendekatan sistem pengelolaan pembelajaran: analisis, desain, pengembangan, pelaksanaan, dan evaluasi pengelolaan pembelajaran, pendekatan sistem pengelolaan sekolah: analisis, desain, pengembangan, pelaksanaan, dan evaluasi pengelolaan sekolah, pendekatan sistem pengelolaan lembaga non formal: analisis, desain, pengembangan, pelaksanaan, dan evaluasi pengelolaan lembaga non formal, pendekatan sistem pengelolaan pendidikan dan latihan: analisis, desain, pengembangan, pelaksanaan, dan evaluasi pengelolaan pendidikan dan latihan, dan Pendekatan sistem dalam manajemen: analisis, desain, pengembangan, pelaksanaan, dan evaluasi manajemen.


Memberikan gambaran mendalam tentang dasar, orientasi, ragam,model, langkah implementatif salah satu model, dan pemraktekkan penyusunan desain pembelajaran

Mahasiswa memiliki pengetahuan dan kompetensi mengenai teori, metode, desain, pengumpulan data, analisis data dan pelaksanaan penelitian kuantitatif, pengembangan maupun mixed method.

Mahasiswa memiliki pengetahuan dan kompetensi mengenai teori, metode, desain, pengumpulan data, analisis data dan pelaksanaan penelitian kuantitatif, pengembangan maupun mixed method.

Mata kuliah pendekatan sistem ini membahas tentang konsep dasar pendekatan sistem: pengertian, tujuan, jenis, prosedur, dan prinsip pendekatan sistem, pendekatan sistem pengelolaan pembelajaran: analisis, desain, pengembangan, pelaksanaan, dan evaluasi pengelolaan pembelajaran, pendekatan sistem pengelolaan sekolah: analisis, desain, pengembangan, pelaksanaan, dan evaluasi pengelolaan sekolah, pendekatan sistem pengelolaan lembaga non formal: analisis, desain, pengembangan, pelaksanaan, dan evaluasi pengelolaan lembaga non formal, pendekatan sistem pengelolaan pendidikan dan latihan: analisis, desain, pengembangan, pelaksanaan, dan evaluasi pengelolaan pendidikan dan latihan, dan Pendekatan sistem dalam manajemen: analisis, desain, pengembangan, pelaksanaan, dan evaluasi manajemen.