Selamat Datang pada Praktek Micro Teaching.
- Course creator: sukatiman sukat
- Course creator: sukatiman sukat
- Course creator: AGUSTI TAMRIN
Matakuliah Praktik
Baja dan Alumunium merupakan mata kuliah dengan kegiatan utama berupa kegiatan
praktik lapangan untuk membuat suatu konstruksi sambungan baja, mulai dari
perhitungan strukturnya hingga ke kegiatan finishingnya.
Kegunaan dari matakuliah praktik Baja dan Alumunium adalah untuk membekali
mahasiswa dengan ketrampilan praktis dalam membuat suatu konstruksi sambungan
baja, mulai dari perhitungan analisis struktur berdasarkan beban yang
direncanakan, perhitungan kebutuhan sambungan, pelaksanaan pembuatan konstruksi
baja, hingga ke kegiatan finishingnya. Pekerjaan yang kedua adalah membuat
benda kerja berbahan dasar alumunium.
- Course creator: Muhamad Aziz
- Course creator: Chundakus Habsya
- Course creator: Wahyu Noviansyah
- Course creator: Aryanti Nurhidayati
- Course creator: RIMA SRI AGUSTIN
Matakuliah ini
mempelajari tentang aliran baik saluran tertutup maupun saluran terbuka dan
dasar-dasar perencanaan bangunan air (bendung dan drainase)
- Course creator: Muhamad Aziz
- Course creator: Ferrian Argha
- Course creator: Yumna In Zahi
- Course creator: Anis Rahmawati
- Course creator: kundari rahmawati
- Teacher: Rosyid abidin
- Teacher: Afiah Nur Nikmah
- Course creator: Taufiq Lilo
- Non-editing teacher: Febriesa Nugroho
- Course creator: Chundakus Habsya
1. Definisi penelitian dan arti pentingnya
2. Penelitian menginformasikan peradaban kebijakan
3. Proses penelitian yang meliputi:
a. Identifikasi permasalahan penelitian
b. Tinjauan kepustakaan
c. Penetapan maksud penelitian
d. Pengumpulan Data
e. Analisis dan interpretasi data
f. Membuat laporan dan Evaluasi penelitian
4. Ciri khusus penelitian kuantitatif dan kualitatif
a. Ciri khusus penelitian kuantitatif
b. Ciri khusus penelitian kualitatif
5. Persamaan dan perbedaan antara penelitian kuantitatif dan kualitatif
6. Rancangan penelitian yang diasosiasikan dengan penelitian kuantitatif dan kualitatif
a. Rancangan Eksperimental
b. Rancangan korelasional
c. Rancangan survei
d. Grounded theory design
e. Rancangan etnografi
f. Rancangan penelitian naratif
g. Rancangan metode campuran (mix method design)
h. Rancangan action research
- Course creator: Roemintoyo Roemintoyo
Materi Aplikasi Perencanaan dan Perancangan
- Course creator: Chundakus Habsya
Mata kuliah Pembelajaran Mikro merupakan mata kuliah yang mengaiarkan cara melaksanakan
program pembelajaran
yang dimulai dari kegiatan perencanaan pembelajaran, melaksanakan
program
dan
mengevaluasi. Pembelajaaran
pada mata kuliah ini diarahkan
untuk memberikan pengalaman
nyata kepada mahassiswa untuk memerankan
diri sebagai guru/pendidik di kelas dalam latihan-latihan
pembelajaran mikro.
Berbagai ketrampilan dasar mengajar harus dikuasai oleh
mahasiswa guna menyiapkan diri
untuk mengikuti praktek mengajar di dalam
kelas.
- Course creator: Taufiq Lilo
- Course creator: RIMA SRI AGUSTIN
- Course creator: Taufiq Lilo
- Course creator: Aryanti Nurhidayati
- Course creator: Anis Rahmawati
- Course creator: RIMA SRI AGUSTIN
- Course creator: Ernawati Sri Sunarsih
- Course creator: Sri Sumarni
- Course creator: Eko Supri Murtiono
- Teacher: Gara Andika Adi Nugraha
- Teacher: Pandhit Ario Wibowo
- Teacher: Sara Fitriani
- Teacher: Muna Salsabila
Matakuliah Praktik Baja dan Alumunium merupakan mata kuliah berupa kegiatan praktik lapangan untuk membuat suatu konstruksi sambungan baja, mulai dari desain perencanaan,perhitungan strukturnya hingga ke kegiatan praktek pembuatannya.
- Course creator: Muhamad Aziz
- Course creator: Taufiq Lilo
- Course creator: Wahyu Noviansyah
- Course creator: Aryanti Nurhidayati
- Course creator: Roemintoyo Roemintoyo
Mata kuliah Mikro Teaching merupakan mata kuliah yang mengaiarkan cara melaksanakan program pembelajaran yang dimulai dari kegiatan perencanaan pembelajaran, melaksanakan program dan mengevaluasi. Pembelajaaran pada mata kuliah ini diarahkan untuk memberikan pengalaman nyata kepada mahassiswa untuk memerankan diri sebagai guru/pendidik di kelas dalam latihan-latihan pembelajaran mikro. Berbagai ketrampilan dasar mengajar harus dikuasai oleh mahasiswa guna menyiapkan diri untuk mengikuti praktek mengajar di dalam kelas.
- Course creator: Chundakus Habsya
- Course creator: Taufiq Lilo
- Course creator: Aryanti Nurhidayati
- Course creator: Waluyo ptb
- Course creator: kundari rahmawati
- Course creator: Roemintoyo Roemintoyo
- Course creator: Budi Siswanto
- Course creator: Ernawati Sri Sunarsih
- Course creator: sukatiman sukat
- Course creator: Eko Supri Murtiono
- Course creator: AGUSTI TAMRIN
- Course creator: Budi Siswanto
Materi perkuliahaan difokuskan pada pemahaman konsep teoritis dan kemampuan merencanakan Geometrik Jalan raya beserta bagian-bagiannya, masing-masing disesuaikan dengan tuntutan serta sifat-sifat lalu lintas untuk memperoleh moda layanan transportasi yang memenuhi syarat aman, nyaman dan memiliki nilai ekonomis yang tinggi dengan berpedoman pada ketentuan/persyaratan disain yang berlaku. Pemahaman teoritis dan kemampuan merencana Geometrik jalan raya dalam pembelajaran tersebut meliputi :
1) Pemahaman historis pembangunan jalan raya di Indonesia sejak zaman penjajahan hingga pembangunan jalan raya modern
2) Undang-undang dan Peraturan Pemerintah RI tentang penetapan Klasifikasi/ spesifikasi jalan raya, serta system administrasi pengelolaan dan pelayanan moda transportasi darat di Indonesia.
3) Penampang melintang/ cross Section jalan raya beserta bagian-bagiannya, meliputi dasar perhitungan dan perencanaan Lajur lalu lintas, bahu jalan, saluran samping, talud, median, trotoar, kreb, pengaman samping dan daerah milik jalan.
4) Parameter perencanaan geometric jalan raya, yaitu faktor-faktor yang mempengaruhi tiap elemen disain geomerik jalan
5) Dasar-dasar Perencanaan dan perhitungan elemen-elemen disain Alinyemen horizontal, jarak pandang henti maupun menyiap, serta saluran samping
6) Pekerasan Lentur, Perekerasan Kaku, dan Overlay Lapisan jalan
7) Histori dan Jenis jenis Jembatan yang ada
- Course creator: Eko Supri Murtiono
Perkuliahan Rencana Anggaran Biaya berisi pengetahuan tentang perhitungan volume secara menyeluruh pada satu bentuk bangunan mulai dari galian tanah, urugan tanah, pondasi, lantai, pasangan dinding, acian dan plesteran, sloof, ring balok kolom, kusen pintu dan jendela, listrik dan titik lampu, jaringan air bersih dan kotor, plafond, rangka atap, Penutup atap
- Course creator: Eko Supri Murtiono
Matakuliah
Praktik Baja dan Alumunium merupakan mata kuliah dengan kegiatan utama berupa
kegiatan praktik lapangan untuk membuat suatu konstruksi sambungan baja, mulai
dari perhitungan strukturnya hingga ke kegiatan finishing nya. Kegunaan dari matakuliah praktik Baja dan Alumunium
adalah untuk membekali mahasiswa dengan ketrampilan praktis dalam membuat suatu
konstruksi sambungan baja, mulai dari perhitungan analisis struktur berdasarkan
beban yang direncanakan, perhitungan kebutuhan sambungan, pelaksanaan pembuatan
konstruksi baja, hingga ke kegiatan finishingnya. Pekerjaan yang kedua adalah
membuat benda kerja berbahan dasar alumunium.
- Course creator: Fajar Danur Isnantyo
Perkuliahan
Manajemen Konstruksi berisi pengertian manajemen proyek/konstruksi, konsultan
manajemen proyek, kontrak, perencananan dan penyusunan
jadwal/biaya/material/peralatan
- Course creator: Taufiq Lilo
- Course creator: Eko Supri Murtiono
Mata kuliah ini mengajarkan proses pelaksanaan program pembelajaran yang terdiri dari perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Tahapan pembelajaran mikro diawali dengan pendalaman materi terkait ketrampilan mengajar yang harus dikuasai guru dalam kerangka kerja Technological Pedagogical Vocational Knowledge (TPVK). Tahap selanjutnya adalah penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) mikro dengan kerangka kerja TPVK oleh masing-masing mahasiswa yang diikuti dengan implementasi RPP dalam latihan mengajar dengan durasi 15 menit per sesi latihan. Setiap mahasiswa berlatih empat kali selama pembelajaran mikro. Selama proses latihan mengajar mahasiswa akan mendapatkan feedback baik dari rekan sejawat (peer-assessment) maupun dari dosen pendamping untuk perbaikan selanjutnya. Tahap terakhir dari pembelajaran mikro adalah ujian mengajar mikro dengan durasi 45 menit per mahasiswa. Tahap pendalaman materi dan penyusunan RPP menerapkan metode pembelajaran Online-Project Based Multiple Representation (O-PMR) yang dilakukan secara synchronous maupun asynchronous. Tahap latihan mengajar dan ujian mengajar menerapkan metode demonstrasi dan dilaksanakan secara blended antara daring dan luring. |
- Course creator: Anis Rahmawati
- Course creator: Sri Sumarni