Mata kuliah ini bertujuan memberikan pengetahuan teoretik tentang kurikulum dan materi ajar serta kemampuan mengembangkannya kepada mahasiswa. Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan

(1) memiliki pemahaman tentang hakikat kurikulum, sejarah kurikulum, prinsip-prinsip pengembangan kurikulum, peran guru/dosen dan sekolah/institusi dalam pengembangan kurikulum, proses pengembangan kurikulum, pengorganisasian dan pengimplementasian kurikulum, serta pengembangan materi ajar;

(2) memiliki kemammpuan merumuskan konsep pemecahan masalahan berkaitan dengan kurikulun dalam pembelajaran, menganalisis dan menjelaskan penerapan prinsip pengembangan kurikulum di Indonesia, keterlaksaaan fungsi kurikulum bagi pendidik dan sekolah, model pengembangan kurikulum yang diterapkan dalam KTSP, model pengembangan kurikulum yang diterapkan dalam K-13, menemukan persamaan dan perbedaan antara beberapa jenis kurikulum, mengembangkan silabus berdasarkan tujuan pembeajaran bahasa, dan mampu mengevalu-asi formatif kurikulum;

(3) memiliki kemampuan dalam pengembang-an kurikulum, silabus dan sistem penilaian, pengembangan program dan materi pembelajaran bahasa, dan kemampuan dalam penulisan buku teks, buku pelajaran, atau buku pengayaan; dan

(4) menunjukkan perilaku jujur, tekun, teliti, disiplin, responsif, dan tanggung jawab dalam menjalankan tugas dan menghasilkan karya.

Perkuliahan Filsafat Ilmu membahasas ilmu secara filosofis, yaitu secara mendasar, menyeluruh, dan spekulatif. Dibahas apakah ilmu dan bukan ilmu, beda ilmu dengan pengetahuan lain, jenis ilmu, metode ilmiah, sarana pemikiran ilmiah, komunikasi keilmuan, paradigma keilmuan, ilmu dan teknologi, kegunaan ilmu, kewajiban ilmuwan dalam menggunakan ilmunya di tengah masyarakat, dan peranan etika, moral, dan agama dalam penerapan ilmu, Secara singkat, ilmu dibahas secara ontologi, epistemologi, dan aksiologi.


Kurikulum dan Pengembangan Materi Ajar Bahasa JawaKurikulum dan Pengembangan Materi Ajar Bahasa Jawa

Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa agar memiliki pengetahuan tentang teori sastra. Topik-topik yang akan dibahas pada mata kuliah ini: (1) teori dan pengkajian sastra berdasar teori struktural; (2) teori dan pengkajian sastra berdasar teori struktural genetik; (3) teori dan pengkajian sastra berdasar teori intertekstual; (4) teori dan pengkajian sastra berdasar teori stilistika; (5) teori dan pengkajian sastra berdasar teori sosiologi sastra; (6) teori dan pengkajian sastra berdasar teori sosiologi sastra rekonstruktif; (7) teori dan pengkajian sastra berdasar teori dekonstruksi; dan (8) teori dan pengkajian sastra berdasar teori postkolonial.


Mata kuliah ini membekali mahasiswa tentang konsep-konsep dan implementasi penelitian kuantitatif bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia meliputi  konsep-konsep umum penelitian kuantitatif,  jenis-jenis desain peneliitan  kuantitatif,  data dan variabel penelitian,  populasi dan sampel peneltiian, teknik pengumpulan data dan pengembangan instrumen penelitian,  validitas dan reliabilitas data, analisis data penelitian,  desain peneitian survei deskripstif,  survei korelatif,  survei komparatif,  eksperimen,  dan tata cara menyusun proposal penelitian kuantitatif bidang pendidikan bahasa dan sastra Jawa