Membahas Introduction: Market and Prices dan Producer, Consumer and Competitif Market, bounded rationality

Mata kuliah Ekonomi Makro 1 membahas mengenai model perekonomian tertutup dan terbuka beserta fluktuasinya, kebijakan untuk menstabilkan perekonomian dan hutang pemerintah, serta model kebijakan perekonomian jangka pendek dan jangka panjang 

Mata kuliah Perpajakan Internasional  berisikan materi mengenai pengenaan dan perlakuan pajak untuk transaksi-transaksi di lintas Negara. Transaksi internasional yang dimaksud bisa dari sisi pihak yang dikenakan pajak/ Wajib pajak (domisili) dan juga transaksi bisnis internasional yang terjadi. Ketentuan perpajakan di setiap Negara berbeda untuk itu, diperlukan adanya ketentuan tentang perpajakan internasional.

Mata kuliah ini merupakan kelanjutan dari mata kuliah akuntansi biaya. Praktik akuntansi biaya mengajarkan mengenai akuntansi biaya dari sisi teknis. Mahasiswa menyelesaikan modul akuntansi biaya dengan kasus baik metode proses maupun pesanan. Sehingga mahasiswa dapat menyusun laporan keuangan pada perusahaan manufaktur secara komprehensif.


Mata kuliah ini mempelajari akuntansi untuk perusahaan jasa keuangan perbankan. Pembahasan dimulai dengan akun-akun di neraca; aset, kewajiban, modal serta akun-akun di laporan laba rugi. Setelah itu, perkuliahan dilanjutkan dengan praktik menyusun laporan keuangan yang dimulai dengan penjurnalan, posting ke buku besar, penyusunan neraca saldo, pembuatan jurnal penyesuaian serta penyusunan laporan keuangan berupa laporan laba rugi, neraca, laporan, laporan arus kas dan laporan perubahan modal.

Matakuliah Komunikasi Bisnis mencakup konsep dasar komunikasi baik verbal maupun nonverbal. Didsamping itu komunikasi bisnis memberikan bekal bagi mahasiswa ketika memasuki dunia kerja. Berbagai materi penting dalam komunikasi bisnis yang mendukung para mahasiswa memasuki dunia kerja antara lain materi tentang bagaimana membiuat surat lamaran kerja yang baik, membuat resume atau CV yang baik dan bagaimana menghadapi wawancara kerja yang baik. Selain itu mahasiswa juga dapat mempersiapkan dan melakukan presentasi bisnis dengan baik ketika mereka memasuki dunia kerja. Disamping itu, dalam komunikasi bisnis juga terdapat materi yang berkaitan dengan teknogi informasi komunikasi termasuk bagaimana dapat memanfaatkan sosial media dengan bijak dalam dunia kerja.

Pemasaran Global (Magister Manajemen)

Seminar Proposal MM

Matakuliah ini dikembangkan untuk lebih mengenalkan mahasiswa pada manajamen UMKM yang professional. Mahasiswa akan belajar bagaimana mengelola UMKM dan Startup berdasarkan manajemen modern, manajemen pemasaran yang professional, manajemen keuangan, operasi dan SDM.

Mata kuliah ini akan membahas tentang bla bla bla

      Mata kuliah : Pengantar Ekonomi Makro/PEM

 1. Pegantar : Matakuliah Pengantar Ekonomi Makro/PEM ini pada dasarnya lebih difokuskan pada pengenalan dan pemahaman konsep-konsep dasar ilmu ekonomi makro, relasi antar konsep-konsep dasar tsb serta penerapannya dalam perekonomian nyata, baik secara lokal, nasional, dan internasional.

2. Tujuan : Secara umum matakuliah ini bertujuan agar mahasiswa memiliki kemampuan : 1) mengidentifikasi dan memahami berbagai konsep dasar imu ekonomi makro, 2) memahami dan menjelaskan relasi berbagai konsep dasar tsb., 3) memahami dan menjelaskan konsep-konsep dasar dan relasinya dengan konteks fenomena ekonomi makro nyata secara lokal, nasional, dan internasional.

3). Materi Pokok : A. Pengantar : Pengertian Ilmu, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Ekonomi Makro, Menghitung Pendapatan nasional, dan mMenghitung biaya hiidup.

B. Perekonomian Sektor Riil Jangka panjang: Produksi dan Pertumbuhan, Tabungan, Investasi, dan Sistem Keuangan, Perangkat Dasar Keuangan, dan Pengangguran dan Tingkat alamiahnya.

C. Uang dan Harga Jangka Panjang: Sistem Moneter, Pertumbuhan Uang dan Inflasi.

D. Ekonomi Makro : Perekonomian Terbuka : Konsep-konsep Dasar Perekonomian Terbuka, Teori Ekonomi Makro : Konteks Perekonomian Terbuka.

E. Fluktuasi Perekonomian Jangka Pendek: Permintaan dan Penawaran Agregat, Pengaruh Kebijakan Moneter dan Kebijakan Fiskal terhadap Perekonomian Agregat, Pertentangan jangka Pendek anatar Inflasi dan Pengangguran.

F. Pustaka Acuan : !). Utama : Mankiw, Gregory N., 2012, Principles of Economics, US, Thomson South Western. 2). - Semua buku teks Pengantar Ekonomi Makrolainnya, -Majalah-majalah Ekonomi dan Keuangan,- Laporan ekonomi dan Keuangan berbagai instansi terkait.

G. Proses belajar mengajar terutaama dilaksanakan dengan Diskusi kelas per pokok bahasan melalui presentasi makalah kelompok. Pengajar bertinf\dak terutama sebagai fasilitator. Mahasiswa berperan secara aktif dan mandiri baik perorangan/individual maupun secara kelompok (Cari, Temukan, dan Bahas bersama/CTBB).

H. Evaluasi PBM: Sisitem evaluasi PBM disesuaikan dengan sistem evaluasi yang sudah ditentukn oleh lembaga dengan modifikasi  komponen sbb: