Mengembangkan kemampuan kreatif merancang bangunan fungsi tunggal bertingkat 5-10 lantai sebagai wadah tatanan kehidupan yang kompleks, dengan memperhatikan karakternya, pertimbangan struktur-konstruksi, utilitas, estetika, peraturan bangunan, teknologi bahan, fisika bangunan, kontekstualitas, dan pengolahan tapak lingkungan fisik, melalui penyusunan program dan teknik penggambaran dan presentasi secara komputer


Mampu merancang wadah kegiatan berdasar pertimbangan  psikologi dan perilaku manusia sebagai pelaku kegiatan dan pengguna bangunan

Memberikan pengetahuan dasar psikologi dan perilaku manusia sebagai pelaku kegiatan dan pengguna
bangunan sebagai suatu pertimbangan penting dalam upaya penyediaan wadah kegiatan melalui arsitektur

Memberikan pengetahuan teoritis dan ketrampilan menerapkan  dalam perancangan arsitektur, sistem pencahayaan alami dan sistem pencahayaan buatan (artificial lighting) secara efektif dan efisien, serta sistem akustika arsitektur dan lingkungan untuk mendukung kompetensi merencanakan dan merancang arsitektur (bangunan dan lingkungan)

Memberikan pengetahuan teoritis dan ketrampilan menerapkan dalam perancangan arsitektur, sistem pencahayaan alami dan sistem pencahayaan buatan (artificial lighting) secara 

efektif dan efisien, serta sistem akustika arsitektur dan lingkungan untuk mendukung kompetensi merencanakan dan merancang arsitektur (bangunan dan lingkungan)

Memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang keberadaan, dinamika, dan makna lingkungan
hidup/ekosistem sebagai wadah kegiatan manusia, baik lingkungan sosial maupun lingkungan fisik alam dan
buatan yang berkaitan dengan bidang keilmuan arsitektur secara berkelanjutan

Mengembangkan kemampuan kreatif merancang bangunan fungsi tunggal bertingkat 5-10 lantai sebagai wadah tatanan kehidupan yang kompleks, dengan memperhatikan karakternya, pertimbangan struktur-konstruksi, utilitas, estetika, peraturan bangunan, teknologi bahan, fisika bangunan, kontekstualitas, dan pengolahan tapak lingkungan fisik, melalui penyusunan program dan teknik penggambaran dan presentasi secara komputer

Mata kuliah wajib, untuk Semester V

Mahasiswa mampu mengenal dan mengidentifikasi: masalah ruang kota, sejarah kota dan perkembangan paradigma penataan ruang, serta penggunaan ruang kota dengan perumahan sebagai bahasan utama, konteks teritorial (fisik dan kewilayahan) dan sektoral (sosial, ekonomi, budaya, dan politik).


Mahasiswa diajarkan berpikir dan bekerja secara sistematis dan rasional dalam membuat perencanaan dan perancangan arsitektur dengan objek dan tema tertentu berdasarkan ide yang dimunculkannya yang pada saatnya nanti dapat diwujudkan dalam sebuah disain dengan mengaplikasikan seluruh kompetensi dasar mata kuliah – mata kuliah teori dan keahlian yang mendukung kerja studio perancangan lanjut sebelum memasuki tahapan Studio Tugas Akhir.


Matakuliah ini merupakan matakuliah pilihan yang dimaksudkan agar mahasiswa memperdalam pemahaman tentang desain lingkungan binaan rancang bangun arsitektur untuk semua pengguna (universal design -design for all) yang berkelanjutan. Dalam banyak kasus prinsip desain untuk semua pengguna ini masih kurang diperhatikan baik oleh pemangku kewenangan pemerintah, dan bahkan oleh perencana maupun desainer lingkungan binaan/arsitek, serta oleh masyarakat pada umumnya

EKONOMI BANGUNAN

Memberikan metode/cara melakukan kegiatan perencanaan dan perancangan Arsitektur dengan memperhatikan kaidah arsitektural dan nilai ekonomi sebagai parameter rancangan, sehingga dapat menghasilkan karya arsitektur yang baik dan ekonomis.

Mata Kuliah Pemodelan Bangunan bertujuan agar Mahasiswa mengenal dan memiliki ketrampilan dasar dalam menyusun model informasi bangunan sederhana dengan menggunakan aplikasi komputer (Revit Architecture).

Mata kuliah Pemodelan Bangunan memberikan pengenalan para peserta tentang konsep Building Information Modeling serta memiliki ketrampilan dasar dalam menyusun model informasi bangunan sederhana dengan menggunakan aplikasi komputer.

BERKREASI DENGAN STRUKTUR BENTANG LEBAR.

RSB 4 memberikan pengenalan terhadap form structure system, beserta perencanaan dan perancangan struktur tersebut di dalam aspek form behavioral dan form design, serta membangun sikap kemandirian dalam perluasan dan pendalaman teori, kreativitas dalam perancangan struktur dan konstruksi, serta inovatif dalam menjawab tantangan permasalahan baru dalam kajian struktur dan konstruksi bentang lebar.

Mampu melakukan satu bentuk/rangkaian Metoda Rancang Bangun sebagai Pe-rangkat memecahkan/menjawab Permasalahan Arsitektural pada tataran spesifik/tertentu kom-ponen permasalahan, format/karakter metoda, modifikasi, formulasi strategi disain berdasarkan argumentasi logis hasil rancangan yang bias dipertanggung jawabkan secara keilmuan arsitektur. dan pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu Mampu melakukan satu bentuk/rangkaian Metoda Rancang Bangun sebagai Perangkat memecahkan/menjawab Permasalahan Arsitektural pada tataran spesifik/tertentu komponen permasalahan, format/karakter metoda, modifikasi, formulasi strategi disain berdasarkan argumentasi logis hasil rancangan yang bias dipertanggung jawabkan secara keilmuan arsitektur.

Mengenalkan sistem pencahayaan alami (daylight) dan buatan (artificial),sistem akustik lingkungan dan ruang (environmental and room acoustics),serta aplikasi desain dari sistem pencahayaan dan akustik.

Pengetahuantentangteoridasar-dasarPerencanaan, PerancangandanPermukiman Kota (sejarah, regulasisertamorfologi)

Mengembangkan kemampuan kreatif merancang bangunan fungsi tunggal bertingkat 5-10 lantai sebagai wadah tatanan kehidupan yang kompleks, dengan memperhatikan karakternya, pertimbangan struktur-konstruksi, utilitas, estetika, peraturan bangunan, teknologi bahan, fisika bangunan, kontekstualitas, dan pengolahan tapak lingkungan fisik, melalui penyusunan program dan teknik penggambaran dan presentasi secara komputer


Mengenalkan sistem pencahayaan alami (daylight) dan buatan (artificial),sistem akustik lingkungan dan ruang (environmental and room acoustics),serta aplikasi desain dari sistem pencahayaan dan akustik

Mengenalkan sistem pencahayaan alami (daylight) dan buatan (artificial),sistem akustik lingkungan dan ruang (environmental and room acoustics),serta aplikasi desain dari sistem pencahayaan dan akustik

Metodologi Penelitian Arsitektur merupakan rancangan penelitian yang memuat rencana dan prosedur penelitian berdasarkan asumsi-asumsi luas hinga metode-metode rinci dalam pengumpulan data dan analisis. 


Mata kuliah desain produk mempelajari  tentang penyusunan konsep perencanaan dan perancangan produk baik interior maupun eksterior dengan berbagai jenis material dan bahan-bahan inovatif untuk memenuhi kebutuhan manusia.