MK ini berisi fenomena fenomena fisika yaitu fluida, sifat fisika temperatur dan panas, hukum termodinamika, listrik, cahaya, dan gelombang.

MK ini berisi fenomena fenomena fisika yaitu fluida, sifat fisika temperatur dan panas, hukum termodinamika, listrik, cahaya, dan gelombang.

MK ini berisi fenomena fenomena fisika yaitu gerak lurus, gaya, energi kinetik dan potensial, gerak rotasi, dan momentum

Mata kuliah ini didesain mengajarkan materi-materi penting agama islam yang dapat menjadikan mahasiswa untuk memiliki kepribadian yang utuh (kaffah) dengan menjadikan ajaran Islam sebagai landasan berpikir, bersikap, dan berperilaku, terutama dalam pengembangan keilmuan dan profesinya. Kepribadian yang utuh hanya dapat diwujudkan dengan menanamkan iman dan takwa kepada Allah Swt. Membangun kesadaran bahwa keimanan dan ketakwaan, hanya akan terwujud apabila ditopang dengan pengembangan elemen-elemennya, yakni: wawasan / pengetahuan tentang Islam (Islamic knowledge), sikap keberagamaan (religion dispositions), keterampilan menjalankan ajaran Islam (Islamic skills), komitmen terhadap Islam (Islamic committment), kepercayaan diri sebagai seorang muslim (moslem confidence), dan kecakapan dalam melaksanakan ajaran agama (Islamic competence)

Mata kuliah ini berisi tentang konsep dasar persamaan aljabar (polinomial, exponential dan logaritmik, hiperbolik) baik empiris maupun matematis, dan penggambarannya dalam grafik, persamaan-persamaan aljabar (tunggal/simultan) dan penyelesaian serta aplikasinya, konsep dasar dan penyelesaian turunan/derivatif fungsi serta penggunaannya, konsep dasar dan penyelesaian integral dan penggunaannya.

MK ini berisi fenomena fenomena fisika yaitu fluida, sifat fisika temperatur dan panas, hukum termodinamika, listrik, cahaya, dan gelombang


Pada mata kuliah ini akan dipelajari sifat fisika fluida, sifat fisika temperature dan panas, fenomena fisika dalam listrik dan fenomena fisika dalam cahaya, dan gelombang.

Pendidikan Agama Islam adalah salah satu subyek pelajaran yang harus dipelajari oleh siswa muslim dalam menyelesaikan pendidikannya pada tingkat tertentu. Ia merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kurikulum suatu lembaga pendidikan sehingga merupakan alat untuk mencapai salah satu tujuan sekolah yang bersangkutan

    Mahasiswa Kristen yang hidup di masa kini diperhadapkan dengan berbagai tawaran nilai-nilai kehidupan yang bersifat positif dan negatif.  Oleh karena itu, mereka membutuhkan nilai-nilai kristiani yang dapat dipakai sebagai acuan dalam berpikir, bersikap dan bertindak.  Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, bangsa Indonesia telah mengalami krisis multidimensional sejak beberap waktu lalu.  Krisis yang berkepanjangan cenderung melahirkan frustrasi dalam masyarakat dan dalam situasi seperti ini konflik dan kekerasan dapat dengan mudah merebak di berbagai tempat.  Mahasiswa Kristen terpanggil untuk menjadi pewarta dan pembawa damai sejahtera di manapun mereka berada. Perkuliahan Pendidikan Agama Kristen di Perguruan Tinggi diharapkan memberi manfaat yaitu memperlengkapi mahasiswa Kristen dalam proses penemuan diri dan pembentukan karakter sebagai intelektual Kristen yang mampu mewujudkan nilai-nilai agama dan imannya dalam seluruh aspek kehidupan.


MK ini berisi tentang konsep dasar persamaan aljabar (polinomial, exponential dan logaritmik, hiperbolik) baik empiris maupun matematis, dan penggambarannya dalam grafik, persamaan-persamaan aljabar (tunggal/simultan) dan penyelesaian serta aplikasinya, konsep dasar dan penyelesaian turunan/derivatif fungsi serta penggunaannya, konsep dasar dan penyelesaian integral dan penggunaannya.

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

APa kabar para mahasiswa...

Mahasiswa setelah mengikuti perkuliahan PAI diharapkan dapat membentuk kepribadian yang utuh (kaffah) dengan menjadikan ajaran Islam sebagai landasan berpikir, bersikap, dan berperilaku, terutama dalam pengembangan keilmuan dan profesinya. Kepribadian yang utuh hanya dapat diwujudkan dengan menanamkan iman dan takwa kepada Allah Swt. Membangun kesadaran bahwa keimanan dan ketakwaan, hanya akan terwujud apabila ditopang dengan pengembangan elemen-elemennya, yakni: wawasan / pengetahuan tentang Islam (Islamic knowledge), sikap keberagamaan (religion dispositions), keterampilan menjalankan ajaran Islam (Islamic skills), komitmen terhadap Islam (Islamic committment), kepercayaan diri sebagai seorang muslim (moslem confidence), dan kecakapan dalam melaksanakan ajaran agama (Islamic competence)

Mata kuliah ini berisi tentang dasar-dasar atau konsep-konsep kimia secara umum. Pembelajaran dimulai dari bagian terkecil dari suatu zat, unsur-unsur kimia, pembentukan ikatan kimia, reaksi-reaksi kimia yang dapat terjadi, kinetika reaksi kimia, dan kesetimbangan kimia. Pembelajaran kimia dikaitkan dengan peristiwa-peristiwa kimia yang ada di kehidupan sehari-hari.


MK ini berisi berbagai metode analisis kimia (klasik, elektrokimia, kinetika dan separasi, spektrokimia, dan peralatan modern lainnya) dan kaitannya dengan prinsip – prinsrip komposisi bahan

Mata kuliah bahasa inggris untuk teknik kimia menitikberatkan pada kemampuan mahasiswa untuk mampu menyebutkan dan menjelaskan secara singkat fungsi dan prinsip kerja peralatan-peralatan unit serta operasi pabrik kimia serta prosesnya secara sederhana dalam Bahasa Inggris.

CPL-1: Mampu berkomunikasi secara efektif

CPMK:

1.       Mhs mampu berkomunikasi secara efektif dalam bahasa Inggris baik lisan dan tulisan  

2.       Mhs mampu memiliki wawasan isu-isu kontemporer dalam bahasa Inggris


Sub-CPMK:

1. Mahasiswa mampu memahami istilah-istilah engineering yang umum digunakan dalam Bahasa inggris

2. Mahasiswa mampu    memahami bacaan ilmiah dalam bahasa inggris  

3. Mahasiswa mampu    melakukan perhitungan sederhana dari  informasi yang  tertulis  dalam naskah berbahasa inggris  


MK ini berisi berbagai metode analisis kimia (klasik, elektrokimia, kinetika dan separasi, spektrokimia, dan peralatan modern lainnya) dan kaitannya dengan prinsip – prinsrip komposisi bahan


Mata kuliah ini berisi tentang dasar-dasar atau konsep-konsep kimia secara umum. Pembelajaran dimulai dari bagian terkecil dari suatu zat,

unsur-unsur kimia, pembentukan ikatan kimia, reaksi-reaksi kimia yang dapat terjadi, kinetika reaksi kimia, dan kesetimbangan kimia.

Pembelajaran kimia dikaitkan dengan peristiwa-peristiwa kimia yang ada di kehidupan sehari-hari.

Matakuliah ini berisi pembahasan tentang FluidaTemperatur dan Panas, Hukum Termodinamika, Listrik, Cahaya, dan Gelombang

Mata kuliah ini berisi tentang dasar-dasar atau konsep-konsep kimia secara umum. Pembelajaran dimulai dari bagian terkecil dari suatu zat, unsur-unsur kimia, pembentukan ikatan kimia, reaksi-reaksi kimia yang dapat terjadi, kinetika reaksi kimia, dan kesetimbangan kimiaPembelajaran kimia dikaitkan dengan peristiwa-peristiwa kimia yang ada di kehidupan sehari-hari.

Mata kuliah ini berisi tentang dasar-dasar atau konsep-konsep kimia secara umum. Pembelajaran dimulai dari bagian terkecil dari suatu zat,unsur-unsur kimia, pembentukan ikatan kimia, reaksi-reaksi kimia yang dapat terjadi, kinetika reaksi kimia, dan kesetimbangan kimia. Pembelajaran kimia dikaitkan dengan peristiwa-peristiwa kimia yang ada di kehidupan sehari-hari.

MK ini berisi tentang konsep dasar persamaan aljabar (polinomial, exponential dan logaritmik, hiperbolik) baik empiris maupun matematis, dan penggambarannya dalam grafik, persamaan-persamaan aljabar (tunggal/simultan) dan penyelesaian serta aplikasinya, konsep dasar dan penyelesaian turunan/derivatif fungsi serta penggunaannya, konsep dasar dan penyelesaian integral dan penggunaannya. 

MK ini berisi tentang konsep dasar persamaan aljabar (polinomial, exponential dan logaritmik, hiperbolik) baik empiris maupun matematis, dan penggambarannya dalam grafik, persamaan-persamaan aljabar (tunggal/simultan) dan penyelesaian serta aplikasinya, konsep dasar dan penyelesaian turunan/derivatif fungsi serta penggunaannya, konsep dasar dan penyelesaian integral dan penggunaannya. 

MK ini berisi fenomena fenomena fisika yaitu fluida, sifat fisika temperatur dan panas, hukum termodinamika, listrik, cahaya, dan gelombang


Mata kuliah ini berisi materi-materi :

1.            Prinsip dasar kimia analisis

2.            Pengolahan data analisis

3.            Kesetimbangan kimia

4.            Metode Analisis Klasik

5.      Metode elektrokimia

6.            Metode Spektrokimia

7.       Metode Kinetika dan Pemisahan (GC)

8.            Prinsip – prinsip analisis modern


Matakuliah Fisika Fluida, Panas, Listrik dan Gelombang membahas mengenai mengenai konsep-konsep dasar fisika khususnya tentang materi tsb. yang banyak digunakan dalam teknik kimia.


Mata kuliah ini berisi fenomena fenomena fisika yaitu gerak lurus, gaya, energi kinetik dan potensial, gerak rotasi, dan momentum

Mata kuliah Fisika Fluida berisi fenomena  fisika yaitu fluida, sifat fisika temperatur dan panas, hukum termodinamika, listrik, cahaya, dan gelombang

Mata kuliah Kimia Umum berisi tentang dasar-dasar atau konsep-konsep kimia secara umum. Pembelajaran dimulai dari bagian terkecil dari suatu zat, unsur-unsur kimia, pembentukan ikatan kimia, reaksi-reaksi kimia yang dapat terjadi, kinetika reaksi kimia, dan kesetimbangan kimia. Pembelajaran kimia dikaitkan dengan peristiwa-peristiwa kimia yang ada di kehidupan sehari-hari.