Teknologi informasi dan komunikasi telah menjadi bagian dari interaksi termediasi dari keseharian masyarakat kontemporer. Mata kuliah ini berfokus pada bagaimana teknologi informasi dan masyarakat saling memengaruhi dalam berbagai konteks yang berbeda. Secara kritis dengan kerangka teoritis dan studi empiris, mahasiswa dapat melihat bagaimana norma dan nilai sosial membentuk desain teknologi informasi, bagaimana teknologi informasi mengatur tatanan sosial, dan bagaimana masyarakat menggunakan, menyesuaikan, dan menolak teknologi informasi.


Mata kuliah Sosiologi organisasi bersifat pilihan, berbobot 2 SKS. Matakuliah ini membahas organisasi dari perspektif sosiologi, yang meliputi pola, kewenangan, dan peran organisatoris untuk mewujudkan visi misi organisasi. Melalui mata kuliah sosiologi politik, pertama, para mahasiswa diharapkan memiliki kompetensi untuk mengetahui dan memahami fungsi dan kedudukan organisasi dalam kehidupan masyarakat yang berpengaruh terhadap perilaku masyarakat untuk mencpai tujuan organisasi. Kedua, para mahasiswa diharapkan mampu menganalisis pengaruh masyarakat terhadap perkembangan organisasi. Ketiga,  para mahasiswa diharapkan mampu memahami dan menganalis pengaruh organisasi terhadap perkembangan masyarakat.

Kegiatan kuliah meliputi perkuliahan oleh dosen dan diskusi  oleh para mahasiswa. Evaluasi dilakukan melalui tes tertulis, tugas, dan presentasi

Mata Kuliah ini membahas konsep tentang desentralisasi dan masyarakat sipil. Mata kuliah ini juga mengkaji tentang perkembangan desentralisasi dan masyarakat sipil dewasa ini, dan konsep desentralisasi di bidang pendidikan, sosial dan politik dalam masyarakat

Mata kuliah ini membahas tentang pengertian dan ruang lingkup sosiologi koperasi, pendekatan ekonomi dan sosiologi tentang koperasi, konsep, aliran dan sejarah koperasi dan menerapkan teori dan praktek tentang koperasi


Mata kuliah ini membahas mengenai kajian yang mempelajari hubungan antara masyarakat yang di dalamnya terjadi proses dan pola interaksi sosial dalam hubungannya dengan konsumsi. Dalam hubungan tersebut dapat dilihat bagaimana masyarakat mempengaruhi konsumsi dan bagaimana konsumsi mempengaruhi masyarakat.


Mata kuliah ini membahas mengenai kajian-kajian serta teori-teori sosiologi komunikasi dari berbagai perspektif. Mata kuliah ini juga membahas bagaimana persoalan penting dalam kajian sosiologi komunikasi terutama yang berhubungan dengan substansi interaksi dalam masyarakat, baik komunikasi langsung maupuan yang termediasi.


Mata kuliah Sosiologi Koperasi membahas tentang masalah dan fenomena sosial terkait perkoperasian dengan sudut pandang sosiologi dan praktek tentang koperasi dalam masyarakat

Mahasiswa mempelajari pengertian mengenai Sosiologi Agama : Pengertian Dan Unsur-Unsur Agama; Teori Tentang Sosiologi Agama; Agama Dan Pengelompokan Sosial; Perubahan Lembaga Dan Organisasi KeagamaanAgama Dan Kebudayaan; Agama Dan Gerakan Sosial Politik; serta Studi Kasus terkait masalah agama. Berikutnya mahasiswa mempelajari dan mengkaji berbagai macam permasalahan dalam Agama dengan Perspektif Sosiologi 

Mata Kuliah ini fokus pada beberapa tema besar sosiologi budaya, bagaimana tanda, simbol, bahasa, struktur konseptual, bangunan pengetahuan dan bangunan kekuasaan saling bersinergi untuk membentuk makna dalam kehidupan kita. Budaya dapat dipahami secara luas sebagai dimensi simbolis dalam kehidupansosial, tetapi disisi lain ada perdebatan secara teoretis tentang bagaimana mendefinisikan budaya dan bagaimana menggunakan budaya sebagai alat analisis dalam perspektif sosiologis. Pertemuan pertama akan didiskusikan tentang konsep dasar, definisi danpentingnya budaya dalam kehidupan sosial. Dilanjutkan dengan diskusi beberapa pendekatan dalam menguak dan menginvestigasi budaya. Melalui mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat melemparkan pertanyaan kritis tentang hubungan antara teori budaya, kenyataan empiris dalam proses budaya, sekaligus menganalisisnya secara kritis. Beberapa studi budaya akan dibahas dalam beberapa pertemuan di semester ini (identitas, representasi,nasionalisme, budaya konsumen, budaya massa, gaya hidup, ideology dan budaya, simbol, budaya dan teknologi, kehidupan kota).