Manajemen Pelayanan Publik merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa Program Studi Ilmu Administrasi Negara FISIP Universityas Sebelas Maret. Mata kuliah ini berbobot 3 SKS dan diprogramkan sebagai mata kuliah  Semester IV.

Mata Kuliah ini mempelajari konsep etika administrasi negara dimana perspektif etika digunakan dalam menganalisis praktik-praktik administrasi negara yang mencakup proses perumusan kebijakan publik dan penyelenggaraan pelayanan. 

Mata kuliah ini mengajarkan tentang konsep, teori, ide, nilai, dan isu-isu yang berkembang dalam paradigma administrasi negara, dan implikasinya terhadap ilmu dan praktek administrasi negara

PERILAKU ORGANISASI MEMPERLAJARI PERILAKU INDIVIDU DAN KELOMPOK DALAAM KAITANNYA PENCAPAIAN TUJUAN ORGANISASI

Teori Administrasi Negara memperlajari teori teori dari dan dalam administrasi negara

Mata kuliah ini membahas tentang pentingnya pelayanan publik dalam perspektif administrasi negara/publik, pengertian dan istilah manajemen pelayanan; regulasi/dasar hukum pelayanan; perkembangan dan paradigma pelayanan publik (konsep, teori dan indikator); ruang lingkup pelayanan publik; karakteristik barang dan jasa publik; pelayanan publik yang baik; standar pelayanan publik; mengelola SDM pelayanan publik; profesionalisme; mengelola biaya pelayanan; mengelola budaya pelayanan; mengelola kualitas pelayanan publik; kepuasan pelanggan dan inovasi pelayanan publik..


Ini adalah mata kuliah analisa penelitian kualitatif dan kuantitatif untuk ilmu administrasi negara. Disini akan diajarkan bagaimana mengelola data kuantitatif dan kualitatif dengan baik untuk menghasilkan penelitian yang berkualitas. 

Mahasiswa mempelajari kebijakan desentralisasi dan isu-isu otonomi daerah.

Kegiatan pembelajaran mahasiswa meliputi: memetakan kebijakan desentralisasi dalam pendekatan paradigma administrasi publik, mengkaji konsep-konsep desentralisasi dan pemerintahan daerah, mengkaji aspek dalam kebijakan otonomi daerah, dan mengeksplorasi isu- isu dalam otonomi daerah.

Mata kuliah ini mempe;ajari tentang pentingnya kajian pelayanan publik dalam perspektif administrasi negara/publik. meliputi pengertian dan istilah manajemen pelayanan; regulasi/dasar hukum pelayanan; perkembangan dan paradigma pelayanan publik (konsep, teori dan indikator); ruang lingkup pelayanan publik; karakteristik barang dan jasa publik; pelayanan publik yang baik; standar pelayanan publik; mengelola SDM pelayanan publik; profesionalisme; mengelola biaya pelayanan; mengelola budaya pelayanan; mengelola kualitas pelayanan publik; kepuasan pelanggan dan inovasi pelayanan publik.

:     Mata kuliah ini membahas tentang pemanfaatan teknologi informasi dalam pola interaksi governance dan terwujudnya pemerintahan yang transparan serta partisipatif.


Mata kuliah ini mengajarkan tentang teori, ide, nilai, isu yang berkembang dalam paradigma administrasi negara dan implikasinya terhadap ilmu dan praktek administrasi negara

mata kuliah Teori Adminsitrasi negara memberikan pem,ahaman cara berpikir, cara bertindak dalam teritori keilmuan adminidtrasi negara sebagai panduan bagi pada administreator dan policy maker untuk merespon kebutuhan dan masalah publik.