Mata kuliah ini mengkaji tentang Substansi dan Metodologi PTK, Teknik Penyusunan Proposal PTK, dan Teknik Penyusunan Laporan PTK
- Course creator: Wahyudi Wahyudi
Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa memahami dan menguasai konsep Micro Teaching dan 8 keterampilan mengajar, dapat membuat rencana pembelajaran Micro Teaching, dapat mensimulasikan 8 keterampilan mengajar secara terpisah, dan dapat menerapkan delapan keterampilan mengajar secara terintegrasi, praktik mengajar secara terintegrasi 8 keterampilan mengajar di sekolah dasar
- Course creator: Wahyudi Wahyudi
Memahami konsep micro teaching, memahami delapan keterampilan mengajar, memahami alur proses mikro teaching, dapat |
membuat rencana pembelajaran micro teaching, dapat mensimulasikan 8 ketrampilan mengajar secara terpisah, dan dapat |
menerapkan 8 keterampilan dasar mengajar secara terintegrasi. Praktek mengajar secara integrasi 8 ketrampilan mengajar di SD. |
- Course creator: rokhmaniyah rokhmaniyah
Mata kuliah ini membahas substansi bidang Seni Teater secara konseptual serta mampu mengelola pembelajaran yang mendidik untuk anak usia
SD yang meliputi: konsep dan fungsi seni teater, ruang lingkup seni teater, karakteristik seni teater anak, apresiasi seni teater, pengalaman
pementasan seni tari teater, pembelajaran seni teater.
- Course creator: Tri Saptuti Susiani
Mata kuliah ini mengkaji substansi bidang keterampilan kerajinan tangan yang meliputi : melipat, menggunting, menganyam, merangkai,
meronce, makrame, menghias kain/busana, teknik memasak, merencanakan dan melaksanakan pembelajaran SBdP di SD kelas rendah dan tinggi.
Kode MK: KB0411628
- Course creator: Tri Saptuti Susiani
- Course creator: Ngatman Ngatman
Mahasiswa diajarkan berbagai jenis penelitian,langkah-langkah penelitian ilmiah mulai dari penentuan topik, identifikasi permasalahan, ulasan kepustakaan, penentuan fokus masalah, penentuan variabel, disain dan metode, teknik pengumpulan data, analisis dan penarikan kesimpulan
- Course creator: Kartika chrysti
- Course creator: rokhmaniyah rokhmaniyah
jhbjhblkjlnl
- Course creator: Tri Harsono Udjianto
Mata kuliah ini membahas substansi
bidang Seni Teater secara konseptual serta mampu mengelola pembelajaran yang
mendidik untuk anak usia SD yang meliputi: konsep dan fungsi seni teater, ruang
lingkup seni teater, karakteristik seni teater anak, apresiasi seni teater,
pengalaman pementasan seni tari teater, pembelajaran seni teater.
- Course creator: Tri Saptuti Susiani
Mata kuliah ini membahas subtansi materi Ilmu
Pengetahuan Sosial (IPS) yang ada di Sekolah Dasar (SD) kelas
I, II, III, IV, V, VI, membahas model-model
pembelajaran inovatif dalam pembelajaran
IPS meliputi model pembelajaran Tematik, model Contekstual Teaching and Learning (CTL), Kooperatif, Kuantum Teaching,
Problem Based Learning (PBL), Projek
Based Learning (PjBL), Bermain peran dan lain-lain, membuat perencanaan pembelajaran
dan simulasi pembelajaran IPS di kelas rendah dan kelas tinggi yang
sesuai dengan materi, metode, model strategi, yang mendukung pembelajaran Ilmu
Pengetahuan Sosial (IPS) di Sekolah Dasar, serta mampu mengevaluasi.
- Course creator: ACHMAD BASARI EKO WAHYUDI
- Course creator: Moh Salimi
Mata kuliah ini bertujuan untuk:
(1) membekali mahasiswa tentang pengetahuan kebahasaan yang meliputi fonem, alofon, aksara Jawa, nglegeno, sandhangan, pasangan, ngrimbag tembung, ukara, lan unggah- ungguh basa.
(2) membekali mahasiswa tentang konsep dasar tembang aran, tembang yasan, kawruh aran, kawruh wayang mahabarata lan ramayana.
- Course creator: Ngatman Ngatman
Menguasai konsep
micro teaching dan delapan
ketrampilan
mengajar, dapat membuat rencana pembelajaran
micro teaching, dapat mensimulasikan 8 ketrampilan
mengajar
secara terpisah,
dan dapat menerapkan 8 ketrampilan dasar mengajar secara terintegrasi.
Praktek mengajar secara
integrasi 8
ketrampilan mengajar di SD
- Course creator: rokhmaniyah rokhmaniyah
- Course creator: Drs. Imam Suyanto, M.Pd.
- Course creator: Tri Saptuti Susiani
Mahasiswa
diajarkan berbagai jenis penelitian,langkah-langkah penelitian ilmiah mulai
dari penentuan topik, identifikasi permasalahan, ulasan kepustakaan, penentuan
fokus masalah, penentuan variabel, disain dan metode, teknik pengumpulan data,
analisis dan penarikan kesimpulan. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan
dengan berbagai pendekatan dan metode yang banyak melibatkan mahasiswa, seperti
diskusi, kegiatan observasi di lapangan serta praktik pengolahan dan
interpretasi data.
- Course creator: Kartika chrysti
Mahasiswa
diarahkan untuk menguasai konsep dasar MBS, komponen-komponen MBS (Manajemen: Kurikulum,
Kesiswaan, Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Sarana dan Prasarana, Keuangan,
Penilaian Pendidikan, Humas dan Layanan Prima) dan cara mengimplementasikan
MBS. Selanjutnya, mahasiswa dituntut untuk memahami kepemimpinan dan tata
kelola serta cara mengevaluasi pelaksanaan MBS. Supervisi dan Koordinasi dalam
Pendidikan. Setelah itu, mahasiswa dibimbing untuk mendiskusikan cara membuat
laporan pelaksanaan MBS.
- Course creator: rokhmaniyah rokhmaniyah
1. |
Merumuskan penjelasan mengenai konsep dadsar PTK, ruang lingkup PTK, |
|
karaktersitik PTK, prinsip-prinsip PTK, serta tujuan dan manfaat PTK di sekolah dasar. |
2. |
Menentukan topik penelitian berbasis masalah dan merumuskannya ke dalam judul |
|
penelitian PTK. |
3. |
Menyusun latar belakang masalah penelitian sampai dengan merumuskan tujuan dan |
|
manfaaatnya. |
4. |
Menyusun rancangan kajian teori PTK sesuai dengan variabel penelitian dengan |
|
pustaka dan sumber yang reliabel dan mutakhir. |
5. |
Menyusun metode penelitian PTK sesuai dengan masalah penelitian dan tujuan |
|
penelitian yang ingin dicapai. |
- Course creator: Suhartono Suhartono