Mata kuliah ini mengkaji tentang Substansi dan Metodologi PTK, Teknik Penyusunan Proposal PTK, dan Teknik Penyusunan Laporan  PTK


Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa memahami dan menguasai konsep Micro Teaching dan 8 keterampilan mengajar, dapat membuat rencana pembelajaran Micro Teaching, dapat mensimulasikan 8 keterampilan mengajar secara terpisah, dan dapat menerapkan delapan keterampilan mengajar secara terintegrasi, praktik mengajar secara terintegrasi 8 keterampilan mengajar di sekolah dasar

Memahami konsep micro teaching, memahami delapan keterampilan mengajar, memahami alur proses mikro teaching, dapat

membuat rencana pembelajaran micro teaching, dapat mensimulasikan 8 ketrampilan mengajar  secara terpisah, dan dapat

menerapkan 8 keterampilan dasar mengajar secara terintegrasi. Praktek mengajar secara integrasi 8 ketrampilan mengajar di SD.


Mata kuliah ini membahas substansi bidang Seni Teater secara konseptual serta mampu mengelola pembelajaran yang mendidik untuk anak usia SD yang meliputi: konsep dan fungsi seni teater, ruang lingkup seni teater, karakteristik seni teater anak, apresiasi seni teater, pengalaman pementasan seni tari teater, pembelajaran seni teater.

Mata kuliah ini mengkaji substansi bidang keterampilan kerajinan tangan yang meliputi : melipat, menggunting, menganyam, merangkai, meronce, makrame, menghias kain/busana, teknik memasak, merencanakan dan melaksanakan pembelajaran SBdP di SD kelas rendah dan tinggi.
Kode MK: KB0411628

Mahasiswa diajarkan berbagai jenis penelitian,langkah-langkah penelitian ilmiah mulai dari penentuan topik, identifikasi permasalahan, ulasan kepustakaan, penentuan fokus masalah, penentuan variabel, disain dan metode, teknik pengumpulan data, analisis dan penarikan kesimpulan

jhbjhblkjlnl

Mata kuliah ini membahas substansi bidang Seni Teater secara konseptual serta mampu mengelola pembelajaran yang mendidik untuk anak usia SD yang meliputi: konsep dan fungsi seni teater, ruang lingkup seni teater, karakteristik seni teater anak, apresiasi seni teater, pengalaman pementasan seni tari teater, pembelajaran seni teater.

Mata kuliah ini membahas subtansi materi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yang ada di Sekolah Dasar (SD)  kelas  I, II, III, IV, V, VI, membahas   model-model pembelajaran inovatif dalam  pembelajaran IPS meliputi model pembelajaran Tematik, model Contekstual Teaching and  Learning (CTL), Kooperatif, Kuantum Teaching, Problem Based  Learning (PBL), Projek Based Learning (PjBL), Bermain peran dan lain-lain, membuat perencanaan pembelajaran dan  simulasi pembelajaran  IPS di kelas rendah dan kelas tinggi yang sesuai dengan materi, metode, model strategi, yang mendukung pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Sekolah Dasar, serta mampu mengevaluasi.

Mata kuliah ini bertujuan untuk:

(1) membekali mahasiswa tentang pengetahuan kebahasaan yang meliputi fonem, alofon,  aksara Jawa, nglegeno, sandhangan, pasangan, ngrimbag tembung, ukara, lan unggah- ungguh basa.

(2) membekali mahasiswa tentang konsep dasar tembang aran, tembang yasan, kawruh aran, kawruh wayang mahabarata lan ramayana.


Menguasai konsep micro teaching dan delapan ketrampilan mengajar,  dapat membuat rencana pembelajaran micro teaching, dapat mensimulasikan 8 ketrampilan mengajar secara terpisah, dan dapat menerapkan 8 ketrampilan dasar mengajar secara terintegrasi. Praktek mengajar secara integrasi 8 ketrampilan mengajar di SD

Mahasiswa diajarkan berbagai jenis penelitian,langkah-langkah penelitian ilmiah mulai dari penentuan topik, identifikasi permasalahan, ulasan kepustakaan, penentuan fokus masalah, penentuan variabel, disain dan metode, teknik pengumpulan data, analisis dan penarikan kesimpulan. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan dan metode yang banyak melibatkan mahasiswa, seperti diskusi, kegiatan observasi di lapangan serta praktik pengolahan dan interpretasi data.

Mahasiswa diarahkan untuk menguasai konsep dasar MBS, komponen-komponen MBS (Manajemen: Kurikulum, Kesiswaan, Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Sarana dan Prasarana, Keuangan, Penilaian Pendidikan, Humas dan Layanan Prima) dan cara mengimplementasikan MBS. Selanjutnya, mahasiswa dituntut untuk memahami kepemimpinan dan tata kelola serta cara mengevaluasi pelaksanaan MBS. Supervisi dan Koordinasi dalam Pendidikan. Setelah itu, mahasiswa dibimbing untuk mendiskusikan cara membuat laporan pelaksanaan MBS.

1.

Merumuskan   penjelasan   mengenai   konsep   dadsar   PTK,   ruang   lingkup   PTK,

 

karaktersitik PTK, prinsip-prinsip PTK, serta tujuan dan manfaat PTK di sekolah dasar.

2.

Menentukan topik penelitian berbasis masalah dan merumuskannya ke dalam judul

 

penelitian PTK.

3.

Menyusun latar belakang masalah penelitian sampai dengan merumuskan tujuan dan

 

manfaaatnya.

4.

Menyusun  rancangan  kajian  teori  PTK  sesuai  dengan  variabel  penelitian  dengan

 

pustaka dan sumber yang reliabel dan mutakhir.

5.

Menyusun  metode  penelitian  PTK  sesuai  dengan  masalah  penelitian  dan  tujuan

 

penelitian yang ingin dicapai.