Mata kuliah ini membahas: (1) konsep dasar, tujuan jenis, dan proses menyimak, serta berlatih menyimak berita, pidato, khotbah, ceramah, diskusi, dan apresiasi satra anak; (2) konsep dasar, tujuan jenis, karakteristik dan proses berbicara, serta aktualisasi diri secara lisan dalam bercerita, berpidato, seminar, pengolahan majalah dinding, dan penyelenggaraan lomba bidang studi Bahasa IndonesiaSD/MI; (3) konsep dasar, tujuan jenis, dan proses membaca, serta membacakan cerita, berita, naskah, pidato, naskah dialog, membaca laporan, artikel dan buku ilmiah, serta cirri-ciri jenis dan ragam sastra anak serta pantun, syair, talibun, soneta, puisi modern, fable, legenda, mite, sage, cerpen, novel, roman, komedi, dan drama modern; (4) konsep dasar, tujuan jenis dan proses menulis, serta aktualisasi diri secara tertulis seperti penyusunan tujuan, jenis dan proses menullis, serta proses aktualisasi secara tertulis seperti menyusun tujuan, jenis dan proses menulis, serta aktualisasi diri secara tertulis seperti menyusun naskah pidato, surat dinas/resmi, narasi deskripsi, eksposisi, argumentasi, persuasi, karya ilmiah, parafrasa dan menulis sastra anak.

Mata kuliah ini membahas tentang pembelajaran SD dengan pokok bahasan geometri datar, transformasi, geometri ruang, pengukuran, dan aritmetika sosial serta pemecahan masalah tentang geometri dan aritmetika sosial dalam kehidupan sehari-hari

Mata kuliah ini membahas secara mendalam, meliputi : konsep dasar media, sumber belajar, dan alat peraga; perkembangan media pembelajaran dari masa ke masa; klasifikasi dan kriteria media pembelajaran yang relevan di SD; Pemilihan media pembelajaran; analisa kebutuhan media di SD dan merancang dan mengembangkan media pembelajaran yang relevan di Sekolah Dasar


Mata kuliah ini mengkaji substansi bidang Seni Rupa yang meliputi Konsep Dasar Seni; Ruang Lingkup Seni Rupa; Tipologi dan Karakteristik Perkembangan Seni Rupa Anak; Apresiasi Seni Rupa dan Dasar Pembinaannya; Produksi Seni Rupa 2 dan 3 Dimensi; Menguasai Model untuk Merencanakan dan Melaksanakan Pembelajaran Seni Rupa di SD; Merancang dan Menyelenggarakan Pameran di aula/ luar kampus, merencanakan dan melaksanakan pembelajaran SBdP (Seni Budaya dan Prakarya) di SD (kelas rendah & kelas tinggi).
Kode id spada: KB0411521-FebJuli2021

Mata kuliah ini membahas tentang pembelajaran SD dengan pokok bahasan geometri datar, transformasi, geometri ruang, pengukuran, dan aritmetika sosial serta pemecahan masalah tentang geometri dan aritmetika sosial dalam kehidupan sehari-hari

Mata kuliah ini membahas tentang konsep  pendidikan  inklusif,  karakteristik  peserta  didik  berkebutuh-an khusus dari aspek fisik, psikhis, emosional, dan intelektual, memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik berkebutuhan  khusus untuk  mengaktualisasikan  berbagai  potensi  yang  dimiliki,  serta  bersikap inklusif, bertindak objektif dan tidak  diskriminatif  terhadap  peserta  didik  berkebutuhan  khusus  dalam  memenuhi  hak  dan memperoleh layanan pendidikan sesuai kebutuhan individualnya.

Kepada Mahasiswa diajarkan prinsip-prinsip sikap mental wirausaha, ketrampilan kreativitas dan inovasi, manajemen usaha,negosiasi dan etika bisnis

Membahas tentang metabolisme sel, senyawa organik, teori evolusi, bioteknologi bagi kesejahteraan hidup manusia, pendidikan keluarga bahagia dan sejahtera, dan bagaimana pewarisan sifat pada keturunannya berlangsung, listrik statis, magnet dan medan magnet, peran elektronika dalam komunikasi, prinsip dan konsep fluida sebagai hasil karya yang bermanfaat.

 


Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa memahami konsep pendidikan inklusi dan merencanakan dan melaksanakan pembelajaran inklusi di sekolah dasar yang mengakomodasi perbedaan kebutuhan khusus individu sekolah dasar.

Mata kuliah memberikan bekal  kepada mahasiswa agar memiliki pemahaman dan pengetahuan dasar mengenai konsep-konsep IPA yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Kajian-kajian materi yang akan diajarkan terkait dengan hal-hal yang masih terkait dengan IPA dan juga dekat dengan dunia peserta didik, sehingga calon guru akan dapat mengajarkan konsep IPA secara kontekstual

Mata kuliah ini membahas tentang pembelajaran SD dengan pokok bahasan geometri dan pengukuran (baik geometri datar maupun geometri ruang), serta penerapannya dalam kehidupan  sehari-hari.


Konsep Dasar PKn SD merupakan mata kuliah yang mengkaji konsep konsep PKN SD dan Pembelajarannya. Cakupan materi Kompetensi-kompetensi PKn SD, Taksonomi Pengetahuan PKn SD, Teori Belajar dan Pembelajaran PKn SD, Model/Metode, Media, Evaluasi, Perencanaan Pembelajaran di SD .


Mahasiswa diajarkan: (1) konsep dasar, tujuan jenis, dan proses menyimak, serta berlatih menyimak berita, pidato, khotbah, ceramah, diskusi, dan apresiasi satra anak; (2) konsep dasar, tujuan jenis, karakteristik dan proses berbicara, serta aktualisasi diri secara lisan dalam bercerita, berpidato, seminar, pengolahan majalah dinding, dan penyelenggaraan lomba bidang studi Bahasa IndonesiaSD/MI; (3) konsep dasar, tujuan jenis, dan proses membaca, serta membacakan cerita, berita, naskah, pidato, naskah dialog, membaca laporan, artikel dan buku ilmiah, serta cirri-ciri jenis dan ragam sastra anak serta pantun, syair, talibun, soneta, puisi modern, fable, legenda, mite, sage, cerpen, novel, roman, komedi, dan drama modern; (4) konsep dasar, tujuan jenis dan proses menulis, serta aktualisasi diri secara tertulis seperti penyusunan tujuan, jenis dan proses menullis, serta proses aktualisasi secara tertulis seperti menyusun tujuan, jenis dan proses menulis, serta aktualisasi diri secara tertulis seperti menyusun naskah pidato, surat dinas/resmi, narasi deskripsi, eksposisi, argumentasi, persuasi, karya ilmiah, paraphrase dan menulis sastra anak. Kegiatanpembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan dan metode yang banyak melibatkan mahasiswa seperti: diskusi, observasi di lapangan, praktek keterampilan berbahasa.


Mata kuliah ini mengkaji substansi bidang Seni Rupa yang meliputi Konsep Dasar Seni; Ruang Lingkup Seni Rupa; Tipologi dan Karakteristik Perkembangan Seni Rupa Anak; Apresiasi Seni Rupa dan Dasar Pembinaannya; Produksi Seni Rupa 2 dan 3 Dimensi; Menguasai Model untuk Merencanakan dan Melaksanakan Pembelajaran Seni Rupa di SD; Merancang dan Menyelenggarakan Pameran di aula/ luar kampus, merencanakan dan melaksanakan pembelajaran SBdP (Seni Budaya dan Prakarya) di SD (kelas rendah & kelas tinggi)

Mata kuliah ini membahas secara mendalam, meliputi : mengenal media media pembelajaran; perkembangan media perkembangan; dasar pertimbangan pemilihan media; alas an penggunaan media; nilai praktis media pembelajaran; peranan media dalam pembelajaran; klasifikasi media pembelajaran; criteria memilih media; mengenal media pembelajaran di SD; lingkungan sebagai media pembelajaran di SD; pembuatan media pembelajaran di SD; pengembangan pusat media pembelajaran di SD dan; evaluasi media pembelajaran di SD.