- Course creator: Moh Salimi
- Course creator: Wahyono M.Pd.
Mata kuliah ini membahas: (1) konsep dasar,
tujuan jenis, dan proses menyimak, serta berlatih menyimak berita, pidato, khotbah, ceramah, diskusi, dan
apresiasi satra anak; (2) konsep dasar, tujuan jenis, karakteristik dan proses berbicara, serta aktualisasi diri
secara lisan dalam bercerita, berpidato, seminar, pengolahan majalah dinding, dan penyelenggaraan lomba bidang
studi Bahasa IndonesiaSD/MI; (3) konsep dasar, tujuan jenis, dan proses membaca, serta membacakan cerita,
berita, naskah, pidato, naskah dialog, membaca laporan, artikel dan buku ilmiah, serta cirri-ciri jenis dan
ragam sastra anak serta pantun, syair, talibun, soneta, puisi modern, fable, legenda, mite, sage, cerpen, novel, roman,
komedi, dan drama modern; (4) konsep dasar, tujuan jenis dan proses menulis, serta aktualisasi diri secara
tertulis seperti penyusunan tujuan, jenis dan proses menullis, serta proses aktualisasi secara tertulis seperti
menyusun tujuan, jenis dan proses menulis, serta aktualisasi diri secara
tertulis seperti menyusun naskah
pidato, surat dinas/resmi, narasi deskripsi, eksposisi, argumentasi, persuasi,
karya ilmiah, parafrasa dan menulis
sastra anak.
- Course creator: Suhartono Suhartono
Mata kuliah ini membahas tentang pembelajaran SD dengan pokok bahasan geometri datar, transformasi, geometri ruang, pengukuran, dan aritmetika sosial serta pemecahan masalah tentang geometri dan aritmetika sosial dalam kehidupan sehari-hari
- Course creator: Wahyudi Wahyudi
- Course creator: Joharman Joharman
- Course creator: HIKMAH RAMDHANI PUTRI
Mata kuliah ini membahas secara mendalam, meliputi : konsep dasar media, sumber belajar, dan alat peraga; perkembangan media pembelajaran dari masa ke masa; klasifikasi dan kriteria media pembelajaran yang relevan di SD; Pemilihan media pembelajaran; analisa kebutuhan media di SD dan merancang dan mengembangkan media pembelajaran yang relevan di Sekolah Dasar
- Course creator: Laksmi Evasufi Widi Fajari
- Course creator: Ratna Hidayah
Mata kuliah ini mengkaji substansi bidang Seni Rupa yang meliputi Konsep Dasar Seni; Ruang Lingkup Seni Rupa; Tipologi dan Karakteristik Perkembangan Seni
Rupa Anak; Apresiasi Seni Rupa dan Dasar Pembinaannya; Produksi Seni Rupa 2 dan 3 Dimensi; Menguasai Model untuk Merencanakan dan Melaksanakan
Pembelajaran Seni Rupa di SD; Merancang dan Menyelenggarakan Pameran di aula/ luar kampus, merencanakan dan melaksanakan pembelajaran SBdP (Seni
Budaya dan Prakarya) di SD (kelas rendah & kelas tinggi).
Kode id spada: KB0411521-FebJuli2021
- Course creator: Tri Saptuti Susiani
Mata
kuliah ini membahas tentang pembelajaran SD dengan pokok bahasan geometri
datar, transformasi, geometri ruang, pengukuran, dan aritmetika sosial serta
pemecahan masalah tentang geometri dan aritmetika sosial dalam kehidupan
sehari-hari
Mata kuliah ini membahas tentang konsep pendidikan
inklusif, karakteristik peserta
didik berkebutuh-an
khusus dari aspek fisik, psikhis, emosional, dan intelektual,
memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik berkebutuhan khusus untuk mengaktualisasikan berbagai
potensi yang dimiliki,
serta bersikap inklusif,
bertindak objektif dan tidak
diskriminatif terhadap peserta
didik berkebutuhan khusus
dalam memenuhi hak
dan memperoleh layanan pendidikan sesuai kebutuhan
individualnya.
- Course creator: Wahyudi Wahyudi
Kepada Mahasiswa
diajarkan prinsip-prinsip sikap mental wirausaha, ketrampilan kreativitas dan
inovasi, manajemen usaha,negosiasi dan etika bisnis
- Course creator: Moh Salimi
Membahas tentang metabolisme sel, senyawa organik, teori evolusi, bioteknologi bagi kesejahteraan hidup manusia, pendidikan keluarga bahagia dan sejahtera, dan bagaimana pewarisan sifat pada keturunannya berlangsung, listrik statis, magnet dan medan magnet, peran elektronika dalam komunikasi, prinsip dan konsep fluida sebagai hasil karya yang bermanfaat.
- Course creator: Kartika chrysti
- Course creator: Siti Fatimah-KBM
Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa memahami konsep pendidikan inklusi dan merencanakan dan melaksanakan pembelajaran inklusi di sekolah dasar yang mengakomodasi perbedaan kebutuhan khusus individu sekolah dasar.
- Course creator: Muhamad Chamdani, M.Pd
- Course creator: Wahyudi Wahyudi
Mata
kuliah memberikan bekal kepada mahasiswa
agar memiliki pemahaman dan pengetahuan dasar mengenai konsep-konsep IPA yang
diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Kajian-kajian materi yang akan
diajarkan terkait dengan hal-hal yang masih terkait dengan IPA dan juga dekat
dengan dunia peserta didik, sehingga calon guru akan dapat mengajarkan konsep
IPA secara kontekstual
- Course creator: Kartika chrysti
- Course creator: Siti Fatimah-KBM
- Course creator: Murwani Dewi Wijayanti
Mata kuliah ini membahas tentang pembelajaran SD dengan pokok bahasan geometri dan pengukuran (baik geometri datar maupun geometri ruang), serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
- Course creator: Wahyudi Wahyudi
Konsep Dasar PKn SD merupakan mata kuliah yang mengkaji konsep konsep PKN SD dan Pembelajarannya. Cakupan materi Kompetensi-kompetensi PKn SD, Taksonomi Pengetahuan PKn SD, Teori Belajar dan Pembelajaran PKn SD, Model/Metode, Media, Evaluasi, Perencanaan Pembelajaran di SD .
- Course creator: Ratna Hidayah
Mahasiswa diajarkan: (1) konsep dasar, tujuan jenis, dan proses menyimak, serta berlatih menyimak berita, pidato, khotbah, ceramah, diskusi, dan apresiasi satra anak; (2) konsep dasar, tujuan jenis, karakteristik dan proses berbicara, serta aktualisasi diri secara lisan dalam bercerita, berpidato, seminar, pengolahan majalah dinding, dan penyelenggaraan lomba bidang studi Bahasa IndonesiaSD/MI; (3) konsep dasar, tujuan jenis, dan proses membaca, serta membacakan cerita, berita, naskah, pidato, naskah dialog, membaca laporan, artikel dan buku ilmiah, serta cirri-ciri jenis dan ragam sastra anak serta pantun, syair, talibun, soneta, puisi modern, fable, legenda, mite, sage, cerpen, novel, roman, komedi, dan drama modern; (4) konsep dasar, tujuan jenis dan proses menulis, serta aktualisasi diri secara tertulis seperti penyusunan tujuan, jenis dan proses menullis, serta proses aktualisasi secara tertulis seperti menyusun tujuan, jenis dan proses menulis, serta aktualisasi diri secara tertulis seperti menyusun naskah pidato, surat dinas/resmi, narasi deskripsi, eksposisi, argumentasi, persuasi, karya ilmiah, paraphrase dan menulis sastra anak. Kegiatanpembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan dan metode yang banyak melibatkan mahasiswa seperti: diskusi, observasi di lapangan, praktek keterampilan berbahasa.
- Course creator: Ngatman Ngatman
- Course creator: Suhartono Suhartono
Mata kuliah ini mengkaji substansi bidang Seni Rupa yang
meliputi Konsep Dasar Seni; Ruang Lingkup Seni Rupa; Tipologi dan Karakteristik
Perkembangan Seni Rupa Anak; Apresiasi Seni Rupa dan Dasar Pembinaannya;
Produksi Seni Rupa 2 dan 3 Dimensi; Menguasai Model untuk Merencanakan dan
Melaksanakan Pembelajaran Seni Rupa di SD; Merancang dan Menyelenggarakan
Pameran di aula/ luar kampus, merencanakan dan melaksanakan pembelajaran SBdP
(Seni Budaya
dan
Prakarya) di
SD (kelas
rendah & kelas
tinggi)
- Course creator: Tri Saptuti Susiani
Mata kuliah ini membahas secara mendalam,
meliputi : mengenal media media pembelajaran; perkembangan media perkembangan;
dasar pertimbangan pemilihan media; alas an penggunaan media; nilai praktis
media pembelajaran; peranan media dalam pembelajaran; klasifikasi media
pembelajaran; criteria memilih media; mengenal media pembelajaran di SD;
lingkungan sebagai media pembelajaran di SD; pembuatan media pembelajaran di
SD; pengembangan pusat media pembelajaran di SD dan; evaluasi media
pembelajaran di SD.
- Course creator: Kartika chrysti
- Course creator: Murwani Dewi Wijayanti