Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib umum yang merupakan pendidikan untuk memberikan pemahaman mengenai Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indoneisa dan Bhineka Tunggal Ika serta implementasinya dalam membentuk mahasiswa menjadi warga negara yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air. Kajian ini berdasar Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 84/E/KPT/2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Mata Kuliah Wajib Pada Kurikulum Pendidikan Tinggi

Mata kuliah ini bertujuan untuk: (1) membekali mahasiswa tentang pengetahuan kebahasaan yang meliputi fonem, alofon, grafem, gugus, diftong, fonotaktik, morfem, alomorf, morfofonemik, afiks, dan Jenis kata bahasa Indonesia

(2) membekali mahasiswa tentang konsep dasar kesastraan yang meliputi sejarah sastra, teori sastra, Angkatan Kesusastraan Lama dan Peralihan, Angkatan Pujangga Baru, Angkatan 45, dan Modern, hakikat Prosa dan Prosa Lirik, Puisi dan drama

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib umum yang merupakan pendidikan untuk memberikan pemahaman mengenai Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indoneisa dan Bhneka Tunggal Ika serta implementasinya dalam membentuk mahasiswa menjadi warga negara yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air. Kajian ini berdasar Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 84/E/KPT/2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Mata Kuliah Wajib Pada Kurikulum Pendidikan Tinggi

Mata kuliah pendidikan kepramukaan memberikan bekal kepada mahasiswa agar memiliki pengetahuan tentang Undang- undang Kepramukaan, AD & ART Gerakan Pramuka, Sistem Pendidikan dalam Kepramukaan, Keorganisasian dalam Gerakan Pramuka, menerapkannya dalam kehidupan serta memiliki karakter seperti yang tertuang dalam Dasa Darma dan Tri Satya dalam Gerakan Pramuka, serta Praktik Keterampilan Kepramukaan. 

Pada perkuliahan Geometri dan Aritmatika Sosial mahasiswa mendiskusikan geometri datar (segitiga, segiempat, segi-n dan konsep-konsep dan sifat-sifat yang terkait dengan segitiga, segiempat, dan segi-n), geometri transformasi (pencerminan, pergeseran/translasi, perputaran dan dilatasi), geometri ruang (kubus, balok, prisma, kerucut, tabung dan bola, dan konsep-konsep dan sifat-sifat yang terkait dengan kubus, balok, prisma, kerucut, tabung dan bola), pengukuruan pada geometri datar dan ruang (pengukuran panjang, sudut, jarak, luas dan volume), arimatika sosial (rabat, laba, rugi dan bunga), pengeloaan data (Penyajian data, ukuran tendensi sentral, ukuran dispersi), dan pemecahan masalah terkait konsep konsep-konsep tersebut.

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib umum yang merupakan pendidikan untuk memberikan pemahaman mengenai Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indoneisa dan Bhneka Tunggal Ika serta implementasinya dalam membentuk mahasiswa menjadi warga negara yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air. Kajian ini berdasar Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 84/E/KPT/2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Mata Kuliah Wajib Pada Kurikulum Pendidikan Tinggi.

Perkuliahan ini dimaksudkan agar mahasiswa memiliki pengetahuan dan pemahaman Konsep dasar IPA  yang berhubungan dengan kehidupan secara menyeluruh tentang konsep gaya dan tekanan, pesawat sederhana, gerak dan energi gerak, materi dan perubahannya, ekologi dan pencemaran, dan manusia serta proses kehidupannya.


Menguasai Substansi dan Metodologi Dasar Keilmuan IPA


Mata kuliah ini bertujuan untuk mahasiswa memahami konsep pertumbuhan dan perkembangan, asas, hukum, prinsip, faktor, teori, dan periodisasi perkembangan serta bersikap bertanggung jawab dalam pembelajaran yang sesuai dengan tingkat dan karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar.

Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa dapat menguasai konsep profesi kependidikan, organisasi profesi pendidikan, tugas dan peran guru sekolah dasar, merancang dan melaksanakan pembelajaran dan manajemen sekolah dasar.

Mahasiswa mendiskusikan geometri datar (segitiga, segiempat, segi-n dan konsep-konsep dan sifat-sifat yang terkait dengan segitiga, segiempat, dan segi-n), geometri transformasi (pencerminan, pergeseran/translasi, perputaran dan dilatasi), geometri ruang (kubus, balok, prisma, kerucut, tabung dan bola, dan konsep-konsep dan sifat-sifat yang terkait dengan kubus, balok, prisma, kerucut, tabung dan bola), pengukuruan pada geometri datar dan ruang (pengukuran panjang, sudut, jarak, luas dan volume), arimatika sosial (rabat, laba, rugi dan bunga), pengeloaan data (Penyajian data, ukuran tendensi sentral, ukuran dispersi), dan pemecahan masalah terkait konsep konsep-konsep tersebut

Mata kuliah ini bertujuan untuk:

(1)     membekali mahasiswa tentang  pengetahuan kebahasaan yang meliputi fonem, alofon,  grafem, gugus, diftong, fonotaktik, morfem, alomorf, morfofonemik, afiks, dan Jenis kata bahasa Indonesia

(2)     membekali mahasiswa tentang konsep dasar kesastraan yang meliputi sejarah sastra, teori sastra, Angkatan Kesusastraan Lama dan Peralihan, Angkatan Pujangga Baru, Angkatan 45, dan Modern, hakikat Prosa dan Prosa Lirik,  Puisi dan drama


Mata kuliah ini bertujuan untuk:

(1)     membekali mahasiswa tentang  pengetahuan kebahasaan yang meliputi fonem, alofon,  grafem, gugus, diftong, fonotaktik, morfem, alomorf, morfofonemik, afiks, dan Jenis kata bahasa Indonesia

(2)     membekali mahasiswa tentang konsep dasar kesastraan yang meliputi sejarah sastra, teori sastra, Angkatan Kesusastraan Lama dan Peralihan, Angkatan Pujangga Baru, Angkatan 45, dan Modern, hakikat Prosa dan Prosa Lirik,  Puisi dan drama


Memahami hakikat kurikulum dan pembelajaran tematik di SD, memiliki keterampilan mengembangan kurikulum dan pembelajaran tematik di SD, dan memiliki sikap positif terhadap upaya pengembangan kurikulum dan pembelajaran tematik di SD.

Mahasiswa melakukan diskusi dan presentasi dilanjutkan tanya jawab tentang materi:

1.        Tujuan, misi dan kompetensi Pendidikan kewarganegaraan

2.        Identitas nasional

3.        Negara dan konstitusi

4.        Hubungan negara dan warganegara

5.        Demokrasi Indonesia dan pendidikan demokrasi

6.        Negara hukum dan HAM

7.        Otonomi daerah dalam kerangka NKRI

8.        Tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih

9.        Pendidikan Anti Korupsi

10.    Ketahanan nasional sebagai geostrategi indonesia

11.    Wawasan Nusantara sebagai Geo Politik Indonesia

12.    Ketahanan Nasional Sebagai Geo Strategi Indonesia

Integrasi Nasional