Media pembelajaran IPA merupakan mata kuliah yang mengkaji tentang penggunaan teknologi yang dapat diimplementasikan dalam pembelajaran IPA. Kajian meliputi perbedaan jenis, sejarah, manfaat, dan pembuatan teknologi berupa media pembelajaran IPA. Teknologi yang dikaji adalah teknologi yang berfungsi memberikan informasi dan dapat memaksimalkan pembelajaran IPA seperti gambar, video, teks, animasi, dan aplikasi.



Mahasiswa mempelajari pengelolaan kelas digital.

 Memahami bentuk-bentuk energi, pengertian transformasi energi dalam makhluk hidup, proses transformasi energi pada tumbuhan dan hewan sehingga
mahasiswa mampu mengaplikasikan materi yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari
 Mengidentifikasi energi potensial, energi kinetik, energi nuklir, energi kimia, transformasi dalam bentuk energi dalam reaksi kimiawi dalam makhluk hidup,
dan fotosintesis.

Mahasiswa diajarkan prinsip-prinsip sikap guru profesional yang mampu mendidik,  mengajar,  membimbing,  mengarahkan,  melatih,  menilai,  mengevaluasi  peserta  didik  dan juga diajakan menganalisis kegiatan bimbingan dan konseling, serta keterampilan kerjasama dengan guru bimbingan dan konseling dalam membantu peserta didik mencapai perkembangan yang optimal.

Mahasiswa mendiskusikan hakikat, azas kurikulum, komponen kurikulum dan perubahannya; pengembangan silabus; penyusunan bahan ajar; dinamika perubahan kurikulum di Indonesia; break down Kompetensi Dasar menjadi Indikator; karakteristik kurikulum IPA di Indonesia, dan mengevaluasi kurikulum IPA di Indonesia

Struktur dan Model atom Bohr, Vektor dan mekanika kuantum, Partikel dasar penyusun atom, inti dan jenis dan sifat radiasi yang dihasilkan dari reaksi inti, Radioisotop sebagai sumber radiasi makhluk hidup,  Manfaat radiasi, Efek samping radiasi

course ini merupakan revisi dari course Partikel dan Reaksi Atomik sebelumnya dikarenakan ada kesalahan teknis didalamnya.

Matakuliah ini adalah matakuliah yang bertujuan untuk mengenal layanan Bimbingan dan Konseling sebagai bagian utuh penyelenggaraan pendidikan di sekolah.  Melalui matakuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu meningkatkan sikap disiplin, mandiri, kerjasama,  berani mengungkapkan pendapat, berani menampilkan unjuk kerja, berani memberikan kritik dan masukan yang membangun dalam sebuah kelompok (soft skills).

 

Melalui matakuliah ini mahasiswa diharapkan mengenal Bimbingan dan Konseling sebagai bagian dari seluruh penyelenggaraan layanan pendidikan di sekolah, mengidentifikasi peran diri sebagai guru profesional dalam layanan Bimbingan dan Konseling, mengenal dan memahami Bimbingan dan Konseling sebagai layanan untuh dengan berbagai komponen layanan, menyimpulkan berbagai asas dan prinsip penyelenggaraan layanan Bimbingan dan Konseling, menjabarkan peran personel sekolah dalam menyelenggarakan layanan Bimbingan dan Konseling, mempraktikkan kolaborasi guru matapelajaran dan guru Bimbingan dan Konseling melalui metode simulasi, menyimpulkan peran guru matapelajaran dalam proses Bimbingan dan Konseling melalui observasi ke sekolah. 

Mata kuliah kebahasaan membahas secara mendalam konsep penelitian pendidikan khususnya dalam lingkup pendidikan dasar baik penelitian kuantitatif maupun penelitian kualitatif. Oleh sebab itu, materi mata kuliah ini pada dasarnya adalah konsep-konsep teoretis dan praktis pelaksanaan penelitian pendidikan dari tahap perumusan masalah hingga analisis dan interpretasi hasil penelitian. Isi pokok mata kuliah ini meliputi: (1) konsep dasar penelitian pendidikan, (2) ragam penelitian pendidikan, (3) konsep dasar dan proses pelaksanaan penelitian kuantitatif, (4) konsep dasar dan proses pelaksanaan penelitian kualitatif, (5) konsep dasar dan pelaksanaan PTK, dan (6) strategi menyusun proposal dan laporan penelitian. Dengan mempelajari mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu memahami konsep penelitian pendidikan dan mampu menyusun serta melaksanakan penelitian di bidang pendidikan pada akhir masa studi dan kelak pada saat berkerja di lingkungan persekolahan

Menghitung jumlah minggu efektif dalam 1 semester, Menyusun program tahunan untuk satu tahun pelajaran, menguraikan minggu efektif yang tersedia untuk masing-masing kompetensi dasar sesuai dengan materi, Menyusun program semester, Menyusun silabus, Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran IPA Tiap pertemuan, Magang di SMP tentang pelaksanaan pembelajaran IPA

Mata kuliah ini membahas mengenai pelapukan yang terjadi pada batuan dan pengaruhnya terhadap bentang alam dan mineralisasi lapisan bumi.


Energi Potensial, Energi Kinetik,Energi Nuklir, Energi Kimia, Transformasi dan bentuk energi dalam reaksi kimiawi dan dalam MH, Fotosintesis.

Pendidikan inklusi mencakup potret pendidikan inklusif, anak berkebutuhan khusus (ABK), pendidikan ABK, konsep pendidikan inklusif, pendidikan inklusif sebagai sistem, kebijakan dan implementasi pendidikan inklusif, implementasi pendidikan inklusif, adaptasi kurikulum, pembelajaran, sarana dan prasarana, dan evaluasi diri sekolah inklusif.